Sukses

Ini Alasan Anak Kuliahan Tingkat Pertama Berat Badannya Naik

Konsumsi makanan berlebih dan alkohol bukan alasan utama berat badan mereka bertambah.

Liputan6.com, New York- Remaja pria yang baru memasuki perkuliahan tingkat pertama ternyata lebih gemuk daripada sebelumnya. Konsumsi makanan berlebih dan alkohol bukan alasan utama berat badan mereka bertambah, tapi juga jadwal tidur yang kurang teratur.

Dalam Jurnal Behavioral Sleep Medicine, 132 pria yang masuk kuliah tingkat pertama di Brown University diikuti kehidupannya selama sembilan minggu. Ternyata, rata-rata berat badan mereka naik sekitar 3 kilogram.

Rata-rata mereka tidur pada pukul 01.30 lalu bangun sekitar tujuh jam sesudahnya. Tapi tak selalu begitu, mereka juga sebagian besar bangun pada jam yang tidak teratur.

Padahal remaja sebaiknya tidur sekitar 10 jam menurut National Sleep Foundation. Kurang tidur bisa buat nafsu makan tersebut besar seperti diungkapkan laman Huffington Post, Selasa (3/11/2015).

Lalu, para anak kuliahan sering lembur untuk mengerjakan tugas kuliah atau juga bermain dengan teman-temannya hingga larut malam. Jadwal tidur yang tak menentu buat berat badan melonjak. Para ahli mengatakan orang yang bangun tidur pada waktu yang sama memiliki lemak tubuh lebih rendah dibandingkan yang jadwal bangun tidurnya bervariasi. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini