Sukses

Pada Usia Berapa Kita Bisa Hidup Bahagia?

Baik pria atau wanita ternyata memiliki rata-rata tingkat kepuasan hidup yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Baik pria atau wanita ternyata memiliki rata-rata tingkat kepuasan hidup yang sama. Penelitian di Australia ini menilai, saat menjelang menopause-lah waktu kebahagiaan paling tinggi.

Peneliti senior Profesor David de Vaus mengatakan, penelitian melibatkan 27.000 orang di berbagai usia. Yang menarik, penurunan kualitas hidup justru terlihat sejak usia 15 tahun hingga pertengahan 30.

"Kebahagiaan semakin mantap secara substansial dimulai dari awal 50-an, sampai akhir tahun 60-an dan dari 60-an ke 80-an," kata David, seperti diberitakan News, Senin (5/10/2015).

Studi ini difokuskan pada tujuh tahap penting dalam kehidupan, seperti meninggalkan rumah orang tua, menikah, melahirkan, bercerai, pensiun, duda, janda dan sebagainya.

"Banyak yang menilai, kebahagiaan muncul saat memulai hidup baru dengan pasangan dan memiliki anak. Nyatanya, hal ini tidak sebanding dengan tingginya kasus perceraian dan hidup menjanda," ungkap penelitian yang dipublikasikan dalam Australian Institute of Family Studies.

Dr. Qu yang turut dalam penelitian menambahkan, kebahagiaan ternyata didapat sejumlah orang karena memiliki pasangan hidup. "Mereka bernasib lebih baik sekalipun pernah bercerai daripada orang yang hidup sendiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini