Sukses

Mendunianya Kopi Sidikalang

Dairi terkenal dengan kopinya yang sudah mendunia yakni Kopi Sidikalang. Potensi ini harus terus sama-sama kita pertahankan dan kembangkan

Liputan6.com, Jakarta Kopi Sidikalang sudah terkenal hingga ke mancanegara karena kualitasnya yang baik, bahkan tidak sedikit berbagai merek kopi terkenal berbahan dasar kopi dari daerah itu.

"Dairi terkenal dengan kopinya yang sudah mendunia yakni Kopi Sidikalang. Potensi ini harus terus sama-sama kita pertahankan dan kembangkan," kata Plt Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi di Sidikalang, Jumat, saat membuka pesta budaya "Njuah-njuah" Kabupaten Dairi Tahun 2015.

Ia mengatakan seluruh potensi budaya dan komoditi yang dimiliki Kabupaten Dairi harus terus dikembangkan dan dipertahankan oleh semua pihak di daerah itu, seperti nama Kopi Sidikalang dan Kemenyan Dairi yang juga sudah punya nama di internasional.

Melalui pesta budaya yang digelar pemerintah daerah setempat itu, diharapkan banyak memberi manfaat bagi peningkatan perekonomian dan bagi budaya itu sendiri, demikian juga dengan kearifan lokal yang ada harus tetap dipertahankan untuk membendung budaya dari luar.

"Pemkab Dairi harus lebih giat melakukan sosialisasi dan promosi seluruh kekayaan potensi masing-masing daerah dan event budaya melalui media sosial, media online dan internet," katanya.

Ia mengakui banyak kelemahan-kelemahan yang selama ini terjadi khususnya dalam pembuatan brosur event yang terintegrasi dari semua kabupaten/kota di Sumatera Utara.

"Ke depan akan ada calendar of event seluruh kegiatan hari jadi atau pesta budaya semua daerah. Dengan demikian turis bisa mengetahui kalender kegiatan yang konsisten di Sumut sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi, Leonardus Sihotang mengatakan pesta budaya tersebut juga sebagai salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan potensi budaya yang ada di daerah itu.

Untuk menyemarakkan acara tersebut, juga digelar berbagai perlombaan dan pagelaran budaya, diantaranya lomba foto budaya dengan tema "Aku dan Dairi", lomba masak pelleng, lomba masak ginaru, dan tari kolosal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini