Sukses

Kapan Sabun Mandi Pertama Kali Ada?

Liputan6.com, Jakarta Mandi tanpa sabun tentu rasanya kurang lengkap. Bisa saja masih lengket atau kulit terasa kurang bersih. Tapi sebenarnya, kapan sih sabun pertama kali ada di dunia?

Tidak ada data pasti yang mengungkapkan awal mula sabun ada. Catatan awal tentang kehadiran pembersih tubuh terungkap sekitar 2.800 tahun SM orang Babilonia.

Kemudian di tahun 1500 SM, dokumen medis Mesir Kuno mencatat kombinasi minyak hewan dan minyak nabati ditambah garam alkali membentuk bahan seperti sabun yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan untuk mencuci seperti dikutip laman todayifoundout, Senin (14/9/2015).

Setelah itu tak terdengar sejarah penggunaan sabun. Baru di Abad pertengahan pada saat Perang Salib mulai dikembangkan penggunaan sabun yang memiliki aroma. Lalu di abad 11 dan 12 sabun berkembang di Eropa dan Timur Tengah.

Di Prancis, pada tahun 1400-an mulai terdengar penggunaan sabun mereka menggunakan abu kayu, dicampur air laut, abu dan minyak zaitun.

Lalu, di tahun 1791 kimiawan Prancis, Nicholas Lablanc mematenkan preses pembuatan sabun yang menggunakan garam untuk membuat natrium karbonat dan soda abu.

Banyak yang mengklaim titik balik dalam penggunaan sabun hadir pada abad ke 19. Pada awal Perang Krimea (1854 -1857) terdapat banyak kematian akibat penyakit dibandingkan pertempuran. Hal ini membuat mereka membiasakn penggunaan sabun usai pulang dari perang.

Penggunaan sabun berkembang dengan pembuatan massal dari Proctor and Gamble (P&G) yang menyadari pentingnya merek. Di tahun 1930 permintaan sabun P&G sangat besar. Kini, sabun mandi berbentuk bar dan cair dengan berbagai tujuan mulai dari melembutkan, mencerahkan, membebaskan dari bakteri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.