Sukses

Agar Tetap Berenergi Selama Puasa, Perhatikan Ini

Pilihan makanan dan minuman berperan penting menjaga terus berenergi hingga maghrib.

Liputan6.com, New York- Saat Anda menjalankan ibadah puasa, perut akan diistirahatkan untuk kegiatan makan dan minum dari imsak hingga maghrib. Untuk menjaga agar tubuh terus berenergi dan terhidrasi hingga matahari tenggelam penting menyantap makanan yang tepat saat sahur.

Ahli nutrisi Nour El-Zibdeh membagikan tipsnya kepada Anda seperti dilansir laman Buzzfeed pada Rabu (17/6/2015).

1. Konsumsi serat
Pastikan dalam menu sahur Anda terdapat serat yang berfungsi agar merasa kenyang lebih lama dan menjaga usus tetap sehat.
Sumber serat terbaik adalah kacang-kacangan, beras cokelat, biji-bijian, oatmeal, sayuran, buah beri, pir dan apel.

2. Asupan protein
Protein dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan menunda rasa lapar. Sumber terbaik protein yakni telur, yoghurt, kacang-kacangan, kedelai, ikan, dan ayam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumber lemak sehat

3. Sumber lemak sehat
Makanan ini membantu kenyang lebih lama seperti avokad, kacang, selai kacang, zaitun, minyak zaitun. Hindari makanan yang digoreng saat sahur.

4. Buah
Pilih buah asli dibandingkan jus buah yang kaya gula. Jatuhkan pilihan pada buah pun kaya serat yang membuat rasa kenyang lebih lama. Ditambahkan pendapat dari Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah buah yang kaya serat untuk sahur stroberi, mangga atau jeruk.

5. Air putih
Jangan lupa minumlah air putih minimal dua gelas saat sahur agar menjaga tubuh terus terhidrasi. Boleh juga tambahkan sayuran kaya air seperti timun, tomat, selada air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.