Sukses

Kenali 10 Pemicu Asma di Rumah

Berikut 10 langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan asma.

Liputan6.com, Jakarta Asma bronkial atau disebut juga bengek adalah penyakit kronis yang ditandai adanya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap berbagai rangsang dari luar (debu, serbuk bunga, udara dingin, makanan dan lainnya).

Menurut dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Zakiudin Munasir, gangguan pernapasan ini menyebabkan penyempitan saluran napas yang meluas dan dapat sembuh spontan atau dengan pengobatan. Namun saat asma ini terjadi, sangat melelahkan bagi penderitanya dan bisa membuat panik orang sekitar.

Untuk menghidari penyakit ini kambuh, kenali hal-hal di sekitar rumah yang sekiranya dapat memicu serangan asma, seperti dikutip Times of India, Selasa (9/6/2015): 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemicu 1 - 5

1. Rutin membersihkan debu rumah

Debu rumah adalah pemicu asma utama. Jika memungkinkan, bersihkan debu permukaan dengan kain lembab, itu akan membantu Anda mengurangi menghirup debu.

2. Debu tungau dan serangga

Debu tungau, semprotan nyamuk, kecoak, dan tikus dapat menyebabkan serangan asma. Kosongkan sampah sehari-hari dan basmi hama.

3. Jangan merokok di rumah

Merokok memicu serangan asma. Selain rokok, asma juga dapat dipicu dengan asap api dan pembakaran sampah di pekarangan rumah. 

4. Perubahan suhu

Perubahan suhu panas, dingin dan kering, atau serbuk bunga di udara serta polusi udara dapat memicu serangan asma.

5. Vacuum karpet dan mencuci pakaian secara teratur

Debu pada karpet dan tirai cenderung diabaikan. Padahal karpet meyimpan tungau yang menjadi pemicu asma.

3 dari 3 halaman

Pemicu 6 - 10

6. Lembap

Saat lembap, penderita asma biasanya juga lebih rentan kambuh. Jaga kebersihan dan upayakan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. 

7. Dingin dan sinus

Jika Anda kedinginan, maka Anda bisa bersin dan berujung pada serangan asma. Siapkan obat dan bila perlu ke dokter.

8. Hewan yang dapat menyebabkan serangan

Bulu binatang seperti kucing dapat memicu serangan asma. Hindari memelihara kucing. Namun bila Anda menyukai kucing, selalu vacuum secara teratur untuk mengurangi Anda menghirup bulu.

9. Parfum beraroma kuat

Parfum yang kuat, deodoran ataupun penyegar udara juga dapat memicu serangan. 

10 Emosi

Takut, marah, berteriak, stres bisa juga memicu serangan asma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • Pemicu asma

Video Terkini