Sukses

Jorok, Pekerja Gunakan Tangan Kosong Ketika Membuat Sandwich

Dua ribu orang pekerja di perusahaan Greencore dibiarkan meracik tiga juta potong roti menggunakan tangan kosong.

Liputan6.com, Jakarta Jorok, mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi di pabrik pembuatan sandwich terbesar di Inggris, Greencore. Dua ribu orang pekerja dibiarkan meracik tiga juta potong roti lapis menggunakan tangan kosong.

 

Perusahaan sandiwch berbasis di Nottinghamsire itu menjual hasil produksinya ke sejumlah perusahaan besar dan cukup memiliki nama setiap hari.

 

Sandwich kerap dianggap camilan sehat, karena berisikan potongan sayuran hijau, tomat, keju, daging atau dada ayam, dan berbahan dasar roti gandum. Kalori yang dihasilkan tak terlalu besar, mudah bagi kita untuk membakarnya. Namun, setelah melihat sejumlah foto di bawah ini, masih pantaskah sandwich disebut camilan sehat?

Dari foto-foto yang tertera di situs Daily Mail pada Senin (8/6/2015), terlihat jelas bagaimana para pekerja dengan enaknya menaruh sayuran, keju, udang, dan bahan-bahan lain menggunakan tangan tanpa dilapisi sarung tangan. Mereka hanya menutup bagian mulut dan kepala saja, itu pun hanya sebagian.

Lihat saja, seluruh bahan untuk lapisan sandwich diletakkan menggunakan tangan kosong.

 

Memang, pekerja menutup bagian kepala dan mulut. Tapi, itu tidak semuanya. Tangan mereka kosong saat menekan bahan-bahan sandwich

 

Tidak jelas apakah para pekerja itu diharuskan menyuci tangan terlebih dahulu sebelum bekerja. Yang jelas, sebersih apa pun tangan para pekerja, haruskah prosedur seperti itu diterapkan? Belum lagi para pekerja itu harus bersentuhan dengan mayones.

Apalagi, perusahaan sandiwch berbasis di Nottinghamsire itu menjual hasil produksinya ke sejumlah perusahaan besar dan cukup memiliki nama setiap hari. Mulai dari Waitrose, M&S and Co-op Sainsbury, hingga Asda and Boots.

Greencore's Human Resources Director, Allyson Russel mengatakan, yang terlihat belum sejelek yang dibayangkan. Menurut dia, perusahaan memiliki peraturan ketat. Bagi pekerja yang menggunakan tangan kosong, dilarang menyentuh bagian wajah. Bila ketahuan, mereka harus meninggalkan ruangan dan membersihkan tubuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.