Sukses

Terlalu Banyak Makan Kue Cokelat Bikin Pikun

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menemukan, konsumsi kue atau cokelat berlebihan bisa memicu risiko Alzheimer.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menemukan, konsumsi kue atau cokelat berlebihan bisa memicu risiko Alzheimer. Penelitian ini diujicobakan pada tikus yang ternyata mengalami peningkatan gula darah dan berujung pada pikun kronis.

Mirror, Senin (11/5/2015) melaporkan, penelitian ini melihat perkembangan gula darah yang meningkat pesat sehingga membunuh sel-sel otak dan akhirnya menyebabkan demensia.

Dr Shannon Macauley, dari Washington University, St Louis mengatakan, korelasi penelitian ini lebih fokus pada makanan manis yang menyebabkan diabetes dan segala komplikasinya termasuk Alzheimer.

"Temuan ini menambah bukti kalau diabetes meningkatkan risiko demensia. Hubungan ini pula bisa membawa kita kepada pencegahan," ungkapnya.

Sebelumnya, tahun lalu para ilmuwan Jerman juga menemukan, kalau konsumsi gula berlebihan bisa merusak struktur otak serta fungsinya. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes di Indonesia melonjak 500 ribu per tahun. Diperkirakan pada 2035 nanti, ada sekitar 14,1 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.