Sukses

Vegetarian Turunkan Risiko Kanker Usus Hingga 43 Persen

Jenis vegetarian yang masih mengonsumsi ikan yang paling rendah risiko terkena kanker usus.

Liputan6.com, New York- Beruntungnya Anda yang gemar makan sayur-sayuran terutama yang sudah menjadi vegetarian karena risiko terkena kanker usus pun berkurang. Namun ada beberapa jenis vegetarian yang memiliki tingkat risiko terkena kanker usus terendah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan lewat JAMA Internal Medicine, dari lima jenis kategori vegetarian, yang paling rendah risiko terkena kanker usus adalah jenis pescovegetarian atau vegeterian yang tidak mengonsumsi segala daging kecuali ikan.

Sedangkan jenis vegetarian lainnya yakni vegan, lacto-ovo vegetarian (vegetarian yang masih makan telur dan produk olahan susu), semi vegetarian (vegetarian yang masih makan daging beberapa kali per bulan) memiliki risiko terkena kanker lebih rendah hingga 20 persen dibandingkan yang bukan vegetarian.

Menurut para peneliti, nutrisi dalam ikan yakni omega 3 dapat memberikan perlindungan terhadap kanker. Selain itu, penelitian lain di tahun 2012 juga mengaitkan konsumsi ikan terkait dengan penurunan 12 persen terkena kanker usus.

Lalu apa penyebab mereka yang nonvegetarian berpotensi terkena kanker usus? "Makanan tertentu memang terkait dengan risiko kanker usus yakni daging merah dan daging olahan," terang penulis studi Michael J. Orlich seperti dilansir Prevention, Rabu (22/4/2015).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.