Sukses

5 Bahan Alami agar Rambut Hitam dan Sehat

Untuk mendapatkan rambut hitam berkilau dan juga sehat, Anda bisa mendapatkan dengan rutin mengonsumsi makanan ini

Liputan6.com, Jakarta - Bila selama ini Anda tak sungkan merogoh kocek demi mendapat perawatan rambut terbaik, mulailah memerhatikan asupan makanan agar terhindar dari bad hair day. "Tak 'kan ada artinya shampo dan kondisioner mahal, jika tidak diimbangi dengan diet sehat dan seimbang," kata seorang penata rambut Harley Street.

Pakar kesehatan rambut sekaligus penggagas Kampanye Sadar Rambut Sehat Nasional di London, Dr Jan Wadstein menyebutkan rambut membutuhkan pasokan protein, glukosa, vitamin, dan mineral agar tumbuh sehat.

"Itu artinya ketika rambut menipis, berketombe, dan kusam, Anda kurang gizi. Daripada beli shampo mahal, mending beli makanan sehat," kata Jan.

Berikut bahan makanan yang harus dikonsumsi agar rambut Anda sehat seperti dikutip dari situs Daily Mail, Senin (30/3/2015)

1. Kenari

Kenari kaya biotin, vitamin E, dan minyak omega yang dapat menyehatkan rambut. Di dalam sebutir kenari tersimpan jejak tembaga penghasil pigmen pemberi warna rambut. Pakar rambut, Madeleine Preston, mengatakan bahwa kekurangan tembaga menyebabkan rambut berwarna abu-abu prematur.

2. Quinoa

Quinoa menyediakan semua asam amibo yang dibutuhkan tubuh, termasuk lisin yang merupakan bahan utama di dalam shampo pencegah rambut rontok.

3. Lentil

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari penipisan dan rambut rontol. Akibatnya, rambut menjadi kelaparan, dan fase pertumbuhannya terhenti. Sama seperti daging merah, lentil pun sumber terbaik zat besi.

4. Telur

Telur dapat meningkatkan nutrisi rambut, karena kaya akan vitamin D, vitamin B, dan protein.

5. Tiram

Kerapa merasa kulit kepala kering? Itu tandanya Anda kekurangan zink. Zink membantu menjaga fungsi kelenjar yang dapat mensekresi minyak yang mengelilingi folikel rambut, sehingga tidak mudah kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini