Sukses

Ditemukan Zat Alami yang Lindungi Bayi dari Kelahiran Prematur

Satu zat bernama HA telah ditemukan untuk melindungi janin dari kelahiran prematur

Liputan6.com, New York - Salah seorang peneliti asal India di UT Southwestern Medical Centre telah mengidentifikasi satu zat alami yang diproduksi oleh tubuh yang dapat melindungi janin dari kelahiran prematur yang disebabkan oleh infeksi.

Ada pun yang ditemukan itu diidentifikasih sebagai hyaluronon (HA), dan temuan studi ini adalah yang pertama untuk mengakui peran yang tepat dari HA bekerja di saluran reproduksi.

"Kami menemukan bahwa HA diperlukan untuk memungkinkan lapisan epitel saluran reproduksi untuk melayani sebagai garis pertahanan pertama terhadap infeksi bakteri," kata Profesor di University of Texas Southwestern Medical Centre, Amerika Serikat, Mala Mahendroo, dikutip Health Me Up, Kamis (15/1/2015)

HA merupakan bahan alami yang ditemukan di dalam banyak jaringan. HA merupakan pelumas dan komponen berharga dari mata, sendi, dan kulit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa kelahiran prematur yang disebabkan infeksi adalah penyebab utama kematian bayi di sebagian besar di banyak negara. Prematur dapat terjadi, ketika usia kandungan belum mencapai 37 minggu.

WHO juga menjelaskan bahwa setiap tahun ada 15 juta bayi atau sekitar 1 dari 10 bayi lahir dalam keadaan prematur.

Maka itu, WHO berharap, dengan temuan yang telah dipublikasikan ke dalam Journal of Clinical Investigation dapat mengurangi jumlah dari bayi yang lahir secara prematur.

"Karena tindakan ini, HA menawarkan adanya perlindungan terhadap servis dari infeksi bakteri yang menyebabkan 25 sampai 40 persen kelahiran prematur pada wanita," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.