Sukses

Payudara Sakit Saat Menyusui, Lakukan Ini

Saat merasakan payudara sakit saat menyusui coba lakukan ini.

Liputan6.com, Jakarta Pada seminggu pertama ibu memberikan susu ASI pada bayi, para ibu biasanya akan merasakan sakit pada payudaranya. Namun jika lebih dari waktu tersebut sakit, Anda harus melakukan perubahan teknik menyusui untuk meredakan nyeri.

Lakukan ini untuk mengurangi nyeri pada payudara saat menyusui menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) seperti dilansir Health pada Senin (3/11/2014).

1. Arahkan bayi mengemut payudara pada bagian areola
Saat bayi menyusui, arahkan agar kepalanya miring sehingga mulutnya bisa mengemut daerah areola. Jika bayi tidak mau, coba lagi.

2. Melepaskan bayi untuk menyusu
Jika Anda merasa perlu untuk berganti posisi atau beralih payudara, hati-hati untuk menghentikan bayi menghisap. Caranya: selipkan satu jari bersih diantara gusi bayi, tunggu sampai ia melepas hisapannya.

3. Saat produksi payudara 'bengkak' perbanyak susui bayi
Ketika kelenjar susu penuh dengan ASI, payudara akan terasa keras terasa seperti pembengkakan. Untuk mengurangi rasa sakit cobalah menyusui lebih sering selama seminggu.

4. Saat sakit segera ganti posisi
Saat bayi menyusui dan Anda merasakan sakit, coba hentikan dengan langkah no 2. Lalu beralih menggunakan posisi bayi.

 

Baca Juga:

6 Mitos dan Fakta Menyusui

Ibu Menyusui Wajib Cuci Tangan Bila Melakukan 5 Hal Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.