Sukses

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Liputan6.com, Jakarta Mempunya mata indah tak semata-mata hanya karen keturunan saja, tetapi juga dengan menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata memang sangat diperlukan. Dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, Anda bisa terhindar dari kerusakan mata sementara maupun permanen. Berikut, ulasan cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan setiap hari seperti yang dilansir dari wikihow.com, Senin (27/10/2014):

2 dari 9 halaman

Banyak Makan Buah dan Sayuran

1. Banyak Makan Buah dan Sayuran

a. Wortel dapat membantu menyehatkan mata. Beta karotin yang terkandung di dalam wortel memiliki antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula atau kemunduran fungsi makula. Selain wortel, terdapat juga brokolli, paprika, dan kubis yang baik untuk kesehatan mata karena memiliki banyak Vitamin C.

b. Ikan salmon dan sarden juga pilihan yang baik untuk mata. Ikan-ikan tersebut miliki kandungan lemak omega-3. Lemak ini merupakan lemak yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, omega-3 melindungi pembuluh darah kecil di daerah mata.

c. Ubi dan bayam juga baik untuk mata. Keduanya mengandung beta karotin. Bayam juga mengandung banyak Vitamin C, lutein, dan zeaxanthin. Coba buat ubi dengan campuran bayam dan minyak zaitun!

3 dari 9 halaman

Hindari Penggunaan Kontak Lensa Lebih dari 19 Jam

2. Hindari Penggunaan Kontak Lensa Lebih dari 19 Jam

a. Penggunaan kontak lensa yang terlalu lama dapat merusak mata. Jangan juga menggunakan kacamat terlalu lama, terutama kacamata 3 dimensi.

b. Jangan pernah tidur menggunakan kontak lensa. Mata butuh untuk bernapas.

c. Hindari menggunakan kontak lensa ketika berenang. Kontaklensa akan mudah terlepas ketika berada di dalam air.

4 dari 9 halaman

Gunakan Mentimun

3. Gunakan Mentimun

Tutuplah mata dengan potongan tipis mentimun selama 15-20 menit. Mentimun dapat membantu menenangkan mata Anda yang lelah. Anda juga bisa menggunakan jus mentimun, berikut cara membuat dan menggunakan jus mentimun:

a. Anda parut mentimun, kemudian peras

b. Kemudian, dinginkan perasan parutan mentimun di dalam kulkas sekitar 1 jam

c. Setelah itu, tempelkan jus di sekitar mata Anda selama 20-25 menit

d. Lalu, bilas dengan air

5 dari 9 halaman

Gunakan Kacamata dengan Proteksi Sinar UV

4. Gunakan Kacamata dengan Proteksi Sinar UV

Tidak cuma lensa gelap, tetapi gunakan lensa yang terpolarisasi. Dengan menggunakan kacamat ini Anda juga dapat terhindar dari katarak, degenerasi makula, dan berbagai kondisi kerusakan mata lainnya.

6 dari 9 halaman

Jangan Melihat Layar Komputer

5. Coba Untuk Tidak Menghabiskan Banyak Waktu Untuk Melihat Layar Komputer

Para ahli memang belum membuktikan bahwa melihat layar computer dapat menyebabkan kerusakan permanen, tetapi memang benar bisa menyebabkan mata tegang dan mata kering. Jangan lupa kedipkan mata setiap 30 detik ketika Anda duduk dan menatap layar komputer.

7 dari 9 halaman

Latih dan Tenangkan Mata Anda

6. Latih dan Tenangkan Mata Anda

Coba untuk memfokuskan mata Anda pada suatu obkel yang dekat dengan Anda. Kemudian, jauhkan objek secara perlahan. Ulang langkah ini beberapa kali.

8 dari 9 halaman

Jangan Membaca di Kegelapan

7. Jangan Membaca di Kegelapan

Membaca di kegelapan atau di tempat yang kurang pencahayaan bisa membuat mata tegang, tapi tidak membuat mata Anda rusak. Jika mata Anda merasa capai, segera lah berhenti.

9 dari 9 halaman

Jangan Menatap Langsung Cahaya Terang

8. Jangan Menatap Langsung Cahaya Terang

Jangan pernah menatap cahaya yang terang, seperti matahari, secara langsung. Hal ini bukan merupakan cara untuk menyehatkan mata. (Jazaul Aufa/Igw).