Sukses

7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

Hal-hal ini mungkin tidak Anda ketahui tentang tertawa.

Liputan6.com, Jakarta Tertawa merupakan sebuah ekspresi yang biasa terjadi saat kita merespon fenomena lucu. Tertawa juga dianggap memiliki banyak kegunaan seperti menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut 7 hal yang mungkin tidak Anda ketahui mengenai tertawa selain untuk kesehatan seperti dilansir dari BBC pada Senin (27/10/2014).

1. Tikus Juga Tertawa

Anda mungkin mengira bahwa tertawa hanya dapat dilakukan oleh manusia. Anda salah. Ternyata, tertawa juga dilakukan oleh hewan seperti simpanse, anjing, bahkan tikus. Sama seperti manusia, tikus dapat tertawa ketika mereka sedang bermain bersama sesamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelucuan Bukan Satu-satunya Sebab Tertawa

2. Kelucuan Bukan atu-satunya Sebab Tertawa

Robert Privine, psikolog dari University of Maryland mengatakan bahwa tertawa bersama teman dekat tidak selalu disebabkan oleh sesuatu yang lucu, melainkan lebih merupakan perilaku sosial yang menunjukkan bahwa Anda saling memahami.

3. Subjektivitas dalam Tertawa

Apakah Anda pernah menonton acara lawak? Mengapa Anda bisa tertawa terpingkal-pingkal mendengar lawakan mereka? Salah satu penelitian menunjukkan bahwa otak Anda akan merespon tawa lebih cepat jika Anda tahu yang membuat Anda tertawa adalah seorang komedian.

4. Tertawa Tidak Membuat Anda Bugar

Tertawa, bagaimanapun, tidak bisa membakar kalori lebih banyak daripada berlari. Tertawa selama 10-15 menit tanpa henti dapat meningkatkan detak jantung sekitar 10-20% dan membakar 10-40 kalori. Artinya, untuk membakar kalori yang dihasilkan sekantong kentang goreng Anda harus tertawa 3 jam tanpa henti.

3 dari 3 halaman

Hubungan Awet dengan Tertawa

5. Hubungan Awet dengan Tertawa

Bob Levenson, seorang psikolog dari Universitas Berkeley mengatakan bahwa pasangan yang banyak tertawa saat berbincang merasakan tingkat kepuasan lebih tinggi sehingga hubungannya bisa lebih awet.

6. Sesuatu yang Hampir Menjamin Anda Tertawa

Memang tidak ada materi yang secara umum bisa membuat tertawa semua orang. Tetapi, ada satu hal yang hampir menjamin Anda tertawa. Caranya, perlihatkan klip video yang menggambarkan orang yang mencoba untuk tidak tertawa dalam situasi di mana tertawa sangat tidak pantas.

7. Tertawa Itu Menular

Sebuah riset menunjukkan bahwa ketika orang di dekat kita tertawa meskipun oleh sesuatu yang tidak begitu lucu, otak kita akan merespon untuk tertawa juga. Hal itulah yang membuat kita ikut tertawa ketika mendengarkan orang lain tertawa di sekitar kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.