Sukses

Cegah HIV di Kalangan Transgender, Lakukan Program Ini

HIV dapat menjangkiti semua, termasuk transgender. Lakukan program ini untuk meminimalisir potensi penyebarannya.

Liputan6.com, Jakarta HIV memang dapat menjangkiti siapa saja, termasuk para transgender. Saat ini, keberadaan transgender belum sepenuhnya dapat diterima masyarakat. Maka dari itu, para transgender biasanya bergaul dalam lingkungan mereka sendiri. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara mencegah virus HIV diantara pada transgender.

Dilansir dari Center of Excellence for Transgender Health, Kamis (16/10/2014), ada beberapa program yang dapat mencegah penularan HIV di antara pada transgender, yaitu:

1. Lakukan Pekerjaan Bersama dalam Komunitas

Kembangkan kemitraan dengan transgender dan organisasi lain untuk membuat program, pelayanan, hingga penelitian mengenai HIV. Ini dapat mencegah menularnya HIV sekaligus membantu Anda menjalin hubungan baik dengan transgender lain.

2. Tidak Mempedulikan Ras dan Etnis

Program yang Anda lakukan tidak boleh disekat dengan sentimen ras ataupun etnis manapun. Sebab, semua orang berpotensi sama untuk mengidap HIV.

3. Gunakan Pendekatan Multidisipiner

Mencegah HIV secara efektif bukanlah ditujukan hanya pada individu, tetapi juga pada keluarga dan lingkungan sosial lainnya dimana para transgender berada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi Program

4. Evaluasi Program

Program yang telah Anda jalankan sebelumnya haruslah dievaluasi secara berkala. Nilai kemajuannya, evaluasi kekurangannya, lalu mulai lagi dengan perbaikan.

5. Lihat Tempat yang Cocok

Anda tidak bisa sembarangan melakukan kampanye-kampanye mengenai HIV. Harus diperhatikan pula bagaimana kebutuhan sebuah komunitas. Buat komunitas tersebut nyaman dengan program Anda. 

6. Meningkatkan Akses Kesehatan

Akses kesehatan yang baik harus diperhatikan. Pusat kesehatan haruslah mudah diakses, menyediakan layanan dengan berbagai bahasa, dan adanya perawat yang memahami betul HIV dan transgender.

7. Kembangkan Staf

Staf yang handal adalah salah satu kunci agar pencegahan HIV berhasil. Berikan pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan terhadap mereka.

8. Advokasi Di Tingkat yang Lebih Luas

Bagaimanapun, agar dapat diterima masyarakat, para transgender harus menyadarkan orang lain bahwa semua orang itu setara. Hal ini dapat Anda lakukan dengan berbagai kampanye yang konsisten.

Akhirnya, pencegahan HIV tidak hanya berguna untuk para transgender tetapi juga untuk masyarakat umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

    HIV

  • Transgender