Sukses

Serat Larut Air Bantu Sembuhkan Infeksi

Liputan6.com, Jakarta Selain dapat melancarkan pencernaan, serat yang dapat larut dalam air juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebabnya, serat larut air bisa mengurangi peradangan.

Gregory Freund, professor dari Universitas Illinois mengatakan jika serat larut air bisa mengubah sifat sel. “Jika tadinya suatu sel bersifat pro terhadap peradangan, maka serat larut air dapat mengubahnya menjadi sel antiradang. Ini membantu tubuh agar lebih cepat sembuh dari infeksi,” kata Freund.

Hal ini terjadi karena serat larut air meningkatkan produksi protein antiradang yang dikenal dengan nama interleukin-4. Penelitian mengenai hal ini dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Illinois dengan perantara tikus. Tikus yang diberi makanan rendah lemak dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok satu diberi serat larut air, kelompok lainnya diberi serat tidak larut. Hasilnya, kelompok yang diberi serat larut air dapat sembuh lebih cepat dibanding kelompok yang diberi serat tidak larut air. Dan dalam enam minggu terdapat perubahan positif pada sistem kekebalan tubuh kelompok dengan serat larut air.

Penemuan ini, sambung Freund, bisa membantu orang gemuk terhindar dari stroke dan serangan jantung. “Serat larut air ini banyak didapatkan dalam gandung, kacang-kacangan, biji-bijian, dan wortel,” imbuh Freund.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS