Sukses

3 Alasan Anda Mesti Rutin Periksa Mata

Tak perlu menunggu ada masalah dengan penglihatan baru ke dokter mata. Ini tiga alasannya.

Liputan6.com, New York Kapan terakhir kali Anda pergi memeriksakan kesehatan mata ke dokter mata? Bagi yang berkacamata mungkin lebih dari sekali dalam hidup, namun tidak sedikit juga orang belum pernah sama sekali .

Padahal ada baiknya rutin memeriksakan mata tiap tahun untuk mengetahui kesehatan mata. Selain itu, menurut dokter mata asal New York Marc Weinstein, lewat mata juga bisa melihat kondisi kesehatan tubuh keseluruhan.

Jadi, tak ada salahnya untuk pergi memeriksakan kesehatan mata. Berikut, tiga alasannya dilansir dari laman Good Housekeeping, Kamis (25/9/2014).

1. Penglihatan Anda tak sebaik yang dipikirkan
Merasa penglihatan baik dan tak membutuhkan kacamata membuat banyak orang malas pergi ke dokter mata. Padahal menurut dokter Weinstein, kondisi mata bisa saja berubah tanpa disadari. Padahal ketika m

2. Mencegah kerusakan mata lebih parah
"Beberapa problema mata sebenarnya bisa diatasi, namun jika terlalu lama sulit untuk memperbaiki kerusakan tersebut," jelas Weinstein.

Glaukom misalnya, penyakit mata ini gejalanya sulit diketahui pada tahap awal. Namun dengan memeriksakan mata setahun sekali bisa lebih dini mengenali dini permasalahan pada mata.

3. Bisa deteksi penyakit serius
Tekanan darah tinggi dan diabetes bisa diketahui saat pemeriksaan mata dimana kondisi mata tampak melebar. Selain itu, di belakang mata ada saraf optik yang merupakan perpanjangan sistem saraf yang bisa menunjukkan gejala jika ada kelainan saraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini