Sukses

Varises Itu Penyakit Serius, Bukan Masalah Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Varises merupakan penyakit serius yang harus mendapatkan perawatan medis, bukan masalah kecantikan yang cukup disembuhkan melalui jalan alternatif atau melakukan pengobatan di klinik kecantikan. Sebab, sampai saat ini tidak sedikit masyarakat awam salah kaprah terhadap kondisi kesehatan ini.

"Bukan hanya pasien sebenarnya, asuransi pun dalam hal ini BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) menganggap itu masalah kosmetik sehingga tidak dikover. Padahal, dokter sendiri menganggap itu penyakit," kata salah seorang tim dari Vascular Center di Rumah Sakit Premier Bintaro, Dr. Ismon Kusasi, SpB(K)V.

Dalam acara '5th Indonesian Vascular (Inavasc V) and 1st Indonesia Venous Forum' di Novotel Tangerang, ditulis pada Senin (15/9/2014), Ismon yang bertindak sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa varises merupakan penyakit pembuluh balik yang menyebabkan pembuluh darah itu melebar, karena terjadi sumbatan (mampet) di bagian atasnya.

"Mampetnya itu karena macam-macam. Ada yang karena sumbatan, kelainan katuk dari pembuluh darah itu yang menyebabkan aliran pembuluh darah itu tidak lancar," kata dia.

"Kalau tidak lancar berakibat terjadinya pembengkakan. Pembuluh darahnya berkelok-kelok, yang membuat pasien merasa berat dan keram. Terlebih mereka yang suka pakai high heels," kata dia menambahkan.Itu

Karena alasan itu, lanjut Ismon, varises disebut sebagai penyakit serius, yang jika dibiarkan akan berdampak bagi kesehatan.

"Risikonya yang paling ringan itu akan timbul tukak (kudis berukuran besar). Nah, itu tidak bisa sembuh kalau tidak ditangani dengan benar. Kemudian, perubahan warna kulitnya menjadi kehitaman. Kan nggak enak kalau kulit yang satu mulus, yang satu hitam," kata Ismon menjelaskan.

Selanjutnya, jika kondisi ini tetap dibiarkan tanpa adanya pengobatan serius dan benar, aliran darah menjadi rusak dan dapat terjadi pembekuan di dalam pembuluh darah.

"Pembekuan di pembuluh darah, berakibat pada bengkak yang terus bertambah ukurannya. Nah, kalau pembekuan darah itu lepas dan masuk ke paru-paru akan berakibat fatal," kata Ismon menekankan. Jadi, penyakit varises memang bukan masalah kosmetik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.