Sukses

Mengenali 3 Tanda Depresi

Seseorang yang depresi berisiko lakukan upaya bunuh diri. Mengetahui tanda depresi, cara mudah cegah upaya bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang mengalami gangguan jiwa terutama depresi pada skizofrenia, gangguan bipolar serta depresi mayor berisiko melakukan upaya bunuh diri. Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia dokter Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ (K).

Karena itu mengenali depresi sangat penting sebagai salah satu cara mencegah seseorang melakukan upaya bunuh diri. Namun sayang, tak semua orang mengerti bagaimana cara mengenali gejala orang-orang yang mengalami depresi.

Dalam kesempatan diskusi peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Dunia di Kemenkes RI (11/9/2014),  dokter Danardi menjelaskan tiga tanda utama pada orang depresi.

1. Rasa sedih yang berkepanjangan, minimal selama dua minggu.

2. Kehilangan minat dan rasa gembira

3. Lelah dan kehilangan energi berlebih     

Masih menurut dokter Danardi, ketiga tanda depresi ini biasanya diikuti oleh nafsu makan berkurang, tidur tak bisa nyenyak, konsenstrasi menurun, harga diri menurun, merasa bersalah, merasa tidak berguna, merasa pesimis hingga merasa tak ada yang menolong lagi sehingga memunculkan rasa ingin mengakhiri hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.