Sukses

Rahasia agar ASI Lancar dan Ibu Menyusui Tetap Bugar

Orang dengan gangguan jiwa sangat berkontribusi terhadap kasus bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu yang menginginkan ASI lancar dan selama menyusui tetap bugar, rutinlah berolahraga sejak remaja. Ketika sedari remaja calon ibu memiliki kesehatan serta kebugaran yang baik, maka saat hamil dan melahirkan siap untuk memberikan ASI eksklusif sampai anak usia enam bulan atau dua tahun.

"Ketika kita bicara soal olahraga apa yang baik untuk produksi ASI, itu berarti masuk bagian menjaga kebugaran saat remaja. Supaya pada saat hamil dan melahirkan, sampai menyusui senantiasa bugar," kata dr. Muctharuddin Mansyur, SpOK, PhD.

Maka itu, kenapa sedari remaja sudah dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik, dan saat hamil pun calon ibu dianjurkan untuk melakukan senam hamil dan senam nifas. "Karena itu adalah bagian dari menjaga produksi ASI itu," kata Mucthar menekankan.

Dalam konferensi press untuk Pekan ASI Sedunia di Ruang Mahamardjono, Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, pada Jumat (12/9/2014), Direktur Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga menerangkan bahwa melakukan senam hamil berguna menguatkan otot-otot yang akan berfungsi saat melahirkan dan menyusui.

"Senam nifas juga demikian. Berguna mempersiapkan tubuh melalui bagian-bagian tubuh yang akan berfungsi untuk mendekap, menggendong, dan juga yang diperlukan untuk menyusui dengan baik dan cukup," kata dia menerangkan.

Tetap saja, sejak remaja rutin berolahraga, ditambah setelah menikah dan hamil rutin melakukan itu, maka ASI akan lancar, dan ibu pun dapat memberikannya pada si buah hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.