Sukses

7 Agustus, Bogor Bakal Punya RSUD Baru

Kabar gembira bagi warga Kota Bogor. Pasalnya, 7 Agustus akan memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pertama.

Liputan6.com, Bogor Kabar gembira bagi warga Kota Bogor. Pasalnya, 7 Agustus akan memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pertama.

Rumah sakit yang berada di Jalan Raya Dr Semeru Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor akan diambil alih pengelolaannya oleh Pemkot Bogor  dan namanya pun berganti menjadi RSUD Kota Bogor. RSUD Kota Bogor ini sebelumnya merupakan adalah Rumah Sakit (RS) Karya Bhakti yang sejak 30 tahun lalu bekerja sama dengan pemerintah Kota Bogor.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat menjelaskan kerjasama antara Pemkot Bogor dengan Yayasan Karya Bhakti akan berakhir esok hari, sehingga pada tanggal 7 Agustus kepemilikan dan pengelolaannya resmi menjadi milik Pemkot Bogor.

"Adanya RSUD pertama ini akan menjadi kebanggan tersendiri untuk warga Kota Bogor," jelasnya di Balai Kota Bogor, Selasa (5/8/2014).

Perubahan RS Karya Bhakti menjadi RSUD Kota Bogor ini, sambung Ade, sudah direncanakan sejak lama dan secara yuridis, Pemkot Bogor sudah memiliki peraturan daerah (Perda) untuk itu.

Dirinya menuturkan, dalam pengelolaanya, pihak Pemkot Bogor akan tetap melakukan komunikasi dengan Yayasan Karya Bhakti. Dan, kata Ade, untuk sumber daya manusia (SDM)tidak ada pergantian hanya berubah statusnya dari yang awalnya pegawai RS Karya Bhakti  menjadi pegawai RSUD Kota Bogor.

"Anggaran sudah disiapkan sebanyak Rp20 Milyar dari APBD. Nanti akan ada bantuan dari Propinsi sebesar Rp 4,5 Milyar," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya RSUD baru di Kota Bogor ini bisa memfasilitasi pelayanan kesehatan untuk warga Kota Bogor yang kurang mampu sehingga tidak ada lagi istilah pasien kurang mampu yang ditolak di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini