Sukses

Saat Makan Sebaiknya Tidak Minum

Meski penting, jangan pernah minum air putih saat sedang makan

Liputan6.com, Jakarta Minum air putih secara rutin sesuai kebutuhan memang dianjurkan agar asupan cairan tubuh kita terpenuhi. Meski penting, jangan pernah sekali pun minum di saat kita sedang makan.

"Saat makan, sebaiknya tidak sambil minum karena akan memengaruhi enzim-enzim pencernaan yang dapat menyebabkan terganggunya proses pencernaan," kata dr. Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Rabu (23/7/2014).

Selain itu, bila kita terlalu sering minum saat makan, akan berdampak pada bertambahnya isi lambung yang hanya memiliki kapasitas satu liter.

"Setelah makan, cukup minum seteguk sampai tiga teguk air saja," kata Suwardi.

Dalam buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menjelaskan bahwa ada baiknya untuk tidak meminum susu, karena tergolong makanan padat.

"Susu mengandung protein. Sehingga ada baiknya diminum tersendiri, yakni empat sampai lima jam setelah makan," kata Suwardi menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini