Sukses

Cegah Varises dengan Kurangi Duduk Bersila Terlalu Lama

Liputan6.com, Jakarta Selain mengurangi keindahan fisik, penyakit varises juga menimbulkan nyeri, pegal, kram dan membuat kaki bengkak. Anda sebenarnya bisa mencegahnya sejak dini dengan mengurangi kebiasaan duduk bersila.

Dokter Dipa Dwi Jayanthi, dariĀ Venosan Clinic mengatakan, duduk bersila dan duduk dengan lutut ditekuk dalam waktu yang cukup lama bisa membuat aliran pembuluh darah vena terhambat.

Berikut sejumlah cara mencegah varises menurut dr Dipa ditulis Jumat (6/6/2014):

1. Berolahraga

Olahraga seperti berenang, jalan santai, hydrotheraphy (berjalan di air) bersepeda, yoga, dan jogging secara teratur minimal 30 menit sehari.

Tujuannya untuk melatih otot kaki, yang rentan muncul varises. "Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak menggumpal," kata dr Dipa dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (5/6/2014).

2. Kurangi pemakaian sepatu dan sandal bertumit (hak tinggi)

Penggunaan alas kaki berhak tinggi bisa mempercepat munculnya varises di usia dini. Hal ini disebabkan karena kaki mendapatkan tambahan beban kerja. "Maka dari itu jangan menyiksa kaki dengan memakai sepatu hak tinggi terlalu lama," kata dr Dipa.

3. Hindari pakaian ketat

Pakaian yang terlalu ketat di sekitar kaki dan pinggul juga akan meningkatkan risiko munculnya varises. "Jadi sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan longgar setiap hari," kata dr Dipa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.