Sukses

Waspada, Penyakit Varises Juga Bisa Mematikan

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah menyepelekan gejala kaki kram, pegal, dan bengkak. Bisa jadi Anda terkena Chronic Venous Disease atau varises. Bahkan penyakit ini bisa lebih berbahaya apabila tak ditangani secara serius seperti mengalami luka borok yang tak kunjung sembuh hingga menyebabkan kematian akibat pulmonary embolism (PE).

"Meski terbilang mematikan namun penyakit lanjutan dari varises bisa dicegah," kata dr. Dipa Dwi Jayanthi, dokter Venosan Clinic dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (6/6/2014).

Seperti diketahui, varises merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) di kaki akibat tersumbat atau berkurangnya tonus otot. Selain mengurangi keindahan penampilan fisik, varises juga menimbulkan rasa nyeri, pegal, kram serta dapat menimbulkan bengkak pada kaki. Agar risiko terkena varises dapat berkurang, dr. Dipa menyarankan masyarakat untuk dapat menggunakan medical stocking khusus varises.

Selain dapat mencegah timbulnnya varises, medical stocking ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kaki. Selain itu medical stocking juga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki. Medical stocking juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kaki, seperti kram, pegal dan bengkak.
 
Dokter Dipa menjelaskan agar pemakaian medical stocking ini efektif disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah vaskuler. Alasannya, dokter tersebut yang mengerti tingkat kompresi dan ukuran yang sesuai dengan kondisi pasien. Medical stocking harus mempunyai graduated compression yang tepat artinya medical stocking harus memiliki tekanan yang bergradasi, di mana semakin keatas tekanan stoking tersebut berangsur-angsur berkurang., sehingga memberi efek memompa darah ke jantung lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini