Sukses

9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

Aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai cemilan

Liputan6.com, Jakarta Seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai kudapan. Menurut pemeran FTV Enyak Gue Dangduter ini, seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

"Saya suka nyemil seledri yang batangnya besar, dipake mayonaise. Enak banget itu. Kalau mau pakai saus sambal juga enak. Itu kan cemilan bermanfaat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, detoks, banyak deh manfaatnya," kata wanita kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 pada Liputan6.com.

Sebelumnya, para pakar kesehatan setuju bahwa seledri memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti dikutip Care2, Selasa (13/5/2014) misalnya, beberapa manfaat seledri sebagai berikut:

1. Mengandung sedikit kalori

Satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Jadi, tunggu apalagi tambahkan seledri ke dalam daftar belanjaan Anda dan menikmatinya di salad atau sup.

2. Seledri mengurangi peradangan

Jika Anda menderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, atau jerawat, makan lebih banyak seledri akan sangat membantu.

3. Mengurangi stres

Ya, mineral dalam seledri, terutama magnesium, dan minyak esensial di dalamnya pernah diteliti dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Jika Anda mengonsumsi seledri di malam hari, Anda akan tidur lebih baik.

4. Mengatur keseimbangan asam tubuh dan membantu pencernaan

Kadar air yang tinggi pada seledri, dikombinasikan dengan serat di dalamnya, membuat seledri menjadi makanan yang baik untuk membantu sistem pencernaan bekerja. Tapi perlu diingat, karena seledri memiliki sifat diuretik dan pembersihan, mereka yang sedang diare harus menghindari seledri.

5. Menjaga kesehatan mata

Satu tangkai besar seledri dapat memberikan hingga 10 persen kebutuhan harianVitamin A sehingga dapat mencegah degenerasi usia yang berkaitan dengan mata.

6. Mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian di Universitas Chicago menunjukkan bahwa mengonsumsi dua tangkai seledri sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 7 miligram per desiliter (mg/dL).

7. Menuruntkan tekanan darah

Suatu senyawa aktif yang disebut phthalides dalam seledri telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Meningkatkan gairah seksual

Ini bukan mitos belaka. Director of the Smeel and Taste Treatment and Research Foundation, Dr Alan R. Hirsch, mengatakan seledri dapat meningkatkan gairah seksual.

9. Seledri dapat memerangi kanker

Dua penelitian dari University of Illinois menunjukkan bahwa flavonoid kuat dalam seledri atau disebut luteolin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama di pankreas. Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa asupan rutin seledri secara signifikan dapat menunda pembentukan sel-sel kanker payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.