Sukses

Kenapa Jokowi Butuh Orang seperti Ahok?

Liputan6.com, Jakarta Joko Widodo telah resmi diusung menjadi calon presiden RI dari PDIP. Namun, hingga kini pria yang diakrab disapa Jokowi belum juga menentukan calon wakil presiden. Melihat dari gaya kepemimpinannya, sebenarnya Jokowi tipe pemimpin seperti apakah?

Penemu Talents Mapping Rama Royani (Abah Rama) mengatakan, Jokowi itu merupakan tipe pemimpin yang serving (melayani). Apabila seperti itu, Jokowi tentu membutuhkan wakil yang tipe pemimpin command and control.

Abah Rama mengatakan, sebenarnya tipe pemimpin ada tiga macam yakni command and control, motivating, dan serving. "Tiga-tiganya (tipe pemimpin) kita butuh. Tapi, lihat situasinya. Kalau konflik, kita butuh yang command and control," kata Abah Rama di Kantor Redaksi Liputan6.com, dan ditulis Rabu (7/5/2014).

Menurut Abah Rama, saat ini Indonesia membutuhkan orang yang command and control dan serving. Sementara Jokowi merupakan orang yang sifatnya memomong atau menjadi pamong. Sayangnya, orang seperti itu seringkali tidak command and control. Dan orang yang command and control sering kali tidak pamong.

"Jokowi mengatakan saya butuh orang yang kayak Ahok. Berarti dia ngerti yang dibutuhkan," ujarnya.

Abah Rama menjelaskan, dari kepemimpinan Ahok terlihat tipe yang command and control. Dan tipe ini juga dimiliki Prabowo serta Jusuf Kalla.

Lantas bagaimana dengan SBY? "Pak SBY lebih ke arah motivating. Ia santun, harmoni, tapi nggak punya command walaupun dia jenderal yang pintar," ujarnya.

Di Indonesia mungkin ada beberapa sekolah kepemimpinan. Tapi, menurut Abah Rama, pemimpin itu merupakan potensi yang sudah ada sejak lahir jadi tak bisa dibentuk. "Leadership itu nggak bisa ditraining," ujarnya.

Penelitian Ungkap Pria Botak Punya Pesona, Bikin Luluh Hati

Tutup Video