Sukses

Agar Tetap Bugar di Usia Tua

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan kunci hidup sehat adalah mengonsumsi makanan bergizi, banyak beraktivitas serta selalu berpikir positif agar tidak mudah stres.

"Semua penyakit bisa dicegah dengan makanan bergizi, banyak beraktivitas dan jangan stres," kata Nafsiah Mboi usai acara Seminar Solusi Hidup Sehat Bahagia dan Berguna di Usia Tua untuk Menuju Adiyuswa Sehat Aktif dan Produktif di Jakarta, seperti dikutip dari Antara ditulis Selasa (6//5/2014).

Nafsiah mengatakan, bila seseorang menjalani pola hidup sehat di masa muda maka di masa lanjut usia nantinya akan tetap merasa bugar dan bisa menjadi adiyuswa atau lansia yang produktif.

"Tapi jika sejak muda sudah sakit-sakitan, tidak menjaga asupan gizi, tidak banyak bergerak dan selalu berpikiran negatif maka jangan harap saat lansia nanti bisa tetap bugar," kata perempuan berusia 73 tahun tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal yang menjadi pembicara dalam seminar tersebut menambahkan pemerintah terus melakukan bermacam program pemberdayaan bagi para lansia agar dapat tetap produktif di masa tua.

"Salah satu fokus kita adalah program Bina Keluarga Lansia," kata Fasli Jalal.

Dengan menjadi lansia yang poduktif dan memiliki banyak aktivitas, kata Fasli, maka bisa membantu usia harapan hidup mereka.

Menurut menkes, jumlah penduduk yang menua terus mengalami peningkatan sehingga program pemberdayaan untuk lansia harus diintensifkan agar mereka tidak menjadi beban keluarga dan menimbulkan permasalahan serius. Pada usia yang tidak lagi produktif, sebenarnya lansia masih bisa diberdayakan untuk bidang-bidang pekerjaan tertentu salah satunya, sebagai penasihat.

Gas Bocor di Sumur, Warga Malah Bakar Jagung

Tutup Video