Sukses

6 Hal yang Dikatakan Hidung tentang Kesehatan Anda

Liputan6.com, New York Hidung mampu melakukan hal-hal keren seperti mendeteksi satu triliun aroma yang berbeda. Selain itu, hidung bisa memberitahu Anda banyak hal tentang kondisi kesehatan Anda.

Berikut beberapa cara hidung mengungkapkan hal-hal tentang kesehatan Anda seperti dilansir MedicalDaily, Senin (5/5/2014):

1. Dalamnya hidung berbicara tentang volume

Dokter memeriksa interior hidung Anda selama pemeriksaan. Warna membran hidung merupakan hal pertama yang dokter periksa dan itu harus berwarna pink.

Jika membran hidung Anda berwarna biru, pucat, atau tampak bengkak, kemungkinan Anda mengalami alergi rhinitis atau berbagai bentuk alergi hidung yang menyebabkan peradangan. Hidung merah biasanya mendakan adanya infeksi. Saat demam, hidung terasa lembut di sepanjang jembatan hidung (nose bridge). Kemungkinan besar Anda sedang mengalami infeksi bakteri di sinus.

2. Bakteri dalam hidung beritahu Anda kekurusan atau kegemukan

Sebuah penelitian mendapati bahwa kolonisasi bakter di hidung dan tenggorokan berhubungan dengan tinggi badan, indeks massa tubuh (BMI), dan daya tarik. Ditemukan, pria dengan obesitas memiliki jenis bakteri hidung yang berpotensi patogen dibandingkan pria lebih kurus dan secara tradisional lebih menarik. Jadi, jumlah bakteri di dalam hidung bisa mengatakan tentang kondisi BMI.

3. Bentuk hidung bisa tentukan kualitas pasangan Anda

Penelitian terbaru menemukan, hidung yang menarik bisa menjadi indikator kebugaran dan kualitas sebagai pasangan. Jadi bisa menjadi seleksi alam terbaik.

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa hidung memengaruhi persepsi daya tarik seseorang. Tak mengherankan, bila memiliki hidung bagus akan meningkatkan daya tarik Anda sebagai pasangan. Mungkin ini sebabnya setiap orang menghabiskan uangnya untuk mengoperasi hidungnya.

4. Hidung dan Skizofrenia

Skizofrenia mampu didianosis dengan baik melalui evaluasi psikologis atau otopsi, namun para peneliti menemukan bahwa hidung bisa memberitahu tentang kondisi meintal in.

Contoh neuron dari dalam hidung terbukti menjadi cara efektif untuk mengidentifikasi ekspresi gen yang terkait dengan skizofrenia. Karena itu, sampel biopsi hidung berpotensi menjadi alat diagnostik.

Selain itu, hidung bisa menceritakan tentang penyakit mental lainnya seperti penyakit Alzheimer. Banyak pasien yang kehilangan indra penciuman sebelum punya masalah memori.[

5. Hidung merah ungkap seseorang stres alkohol

Warna dalam hidung itu penting, begitu pula dengan warna luar hidung. Apabila hidung terus menerus merah, Anda mungkin termasuk pemabuk atau pecandu alkohol.

Tapi, hidung merah juga bisa menjadi tanda stres atau cemas, alergi, demam, atau gangguan tiroid.

"Kapiler rusak atau kemerahan di jembatan hidung bisa mengungkapkan penyalahgunaan alkohol atau mungkin sedang khawatir berlebihan dan stres," kata Dr. Maoshing Ni di Yahoo!Health.

6. Warna lendir

Individu yang normal dan sehat biasanya lendirnya bening, kecuali tubuh sedang melawan infeksi maka sel darah putih sering dikirim ke hidung. Sel-sel ini bakal mengeluarkan enzim kehijauan yang bisa membuat lendir menjadi kuning atau hijau.

Sementara itu, mimisan bisa menjadi penunjuk masalah seperti gangguan pendarahan atau tekanan darah tinggi, meskipun sebagian mimisan tak berbahaya dan normal.


BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman