Sukses

Kenapa Bayi Suka Main `Ci Luk Ba` ?

Permainan Peekaboo atau disebut dengan `ci luk ba` begitu diminati para bayi.

Liputan6.com, London Permainan Peekaboo atau disebut dengan `ci luk ba` begitu diminati para bayi. Ilmuwan menemukan bahwa permainan ini dapat membantu mengembangkan keterampilan pada bayi.

Selain itu, bayi yang aktif melakukan permainan Peekaboo dapat membantunya mengatasi rasa takut ketika harus berada jauh dari orangtua. Tak heran, bila permainan sederhana ini begitu diminati.

 Jean Piaget dari Swiss Development Psychologist mengatakan, butuh waktu dua tahun bagi anak untuk dapat mengembangkan permainan ini dengan sempurna. Faktor penting dari permainan ini adalah suara orangtua dan lokasi di tempat terbuka.

Penelitian yang dipimpin oleh James Russel di Universitas Cambridge percaya daya tarik dari permainan ini adalah orangtua dapat membodohi/menipu berpikir anak dengan mengatakan dia tak akan terlihat.

Dalam sebuah ekperimen, peneliti Gerrod Parrott dan Henry Gletiman melakukan serangkaian tes untuk mengetahui kunci penting dari permainan ini.

Rasa senang yang diperlihatkan para bayi, terlebih dalam melihat bayi itu tersenyum lepas dan tertawa, adalah suatu kenikmatan dari permainan ini.

Dikutip Daily Mail pada Selasa (22/4/2014) tim menyusun serangkaian percobaan untuk mengelabui anak-anak dengan muncul di tempat berbeda. Bahkan, dapat memunculkan orang-orang berbeda ketika anak melepas tangan dan membuka matanya.

Setelah dicermati, bayi berusia enam bulan bisa menikmati permainan ini asal lokasi dan teman bermainnya masih sama, serta berasal dari lingkungan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.