Sukses

Kenapa Musik Bermanfaat bagi Anak `Down Syndrome`?

Agar anak mau melakukan aktivitas fisik, orangtua dapat membantunya dengan memperdengarkan musik kepada anak-anaknya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Anak penyandang down syndrome cenderung bertubuh gemuk. Ini karena dalam keseharian anak-anak ini bisa malas bergerak namun nafsu makannya besar. Agar anak mau melakukan aktivitas fisik, orangtua dapat membantunya dengan memperdengarkan musik pada mereka.

Menurut Pemerhati Anak Berkebutuhan Khusus, Sri Muji Rakhmati, M.PSi, anak dengan down syndrome yang merupakan anak berkebutuhan khusus dapat dilatih dengan terapi musik. Musik dapat meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi, melatih kemampuan gerak motoriknya.

"Maka itu, ketika anak down syndrom mendengar musik, secara tak sadar tubuhnya akan bergerak. Ketika bergerak, akan banyak yang dilatih dari tubuhnya. Tak hanya motorik, tapi melatih keseimbangan antara mata dan tangannya," kata dia menjelaskan dalam acara 'Musik dan Manfaatnya Bagi Anak Berkebutuhan Khusus' di Pinisi Edutainment Park Pasaraya, ditulis Selasa (25/3/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini