Sukses

Manfaat Musik Buat Anak Berkebutuhan Khusus

Dengan memberikan terapi musik bisa meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan membuat belajar anak semakin optimal.

Liputan6.com, Jakarta Musik memiliki manfaat cukup besar bagi anak penyandang down syndrome. Bagaimana tidak, dengan memberikan terapi musik, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan membuat belajar anak semakin optimal.

Pemerhati Anak Indonesia Dr. Seto Mulyadi menjelaskan, musik mampu menyentuh aspek emosi seorang anak begitu luar biasa. Belajar anak akan semakin optimal, serta dapat dengan cepat menangkap segala sesuatu yang diberikan, bila dipadukan antara sesuatu yang bersifat kognitif dengan sesuatu yang dapat menyentuh aspek emosinya.

"Bila anak diperdengarkan musik saat dia bayi, bagus untuk perkembangan otak. Untuk anak normal saja itu sangat bermanfaat, apalagi bagi anak berkebutuhan khusus, yang cenderung akan berkembang dengan cepat bila ada yang menyentuh aspek emosinya," kata Seto Mulyadi dalam acara `Musik dan Manfaatnya Bagi Anak Berkebutuhan Khusus` di Pinisi Edutainment Park Pasaraya, Jakarta, Senin (24/3/2014)

Di sisi lain, Pemerhati Anak Berkebutuhan Khusus, Sri Muji Rakmati, M. PSi menjelaskan bahwa musik dapat membantu melatih dan memperbaiki kualitas artikulasi dari anak berkebutuhan khusus.

Ketika dia bersenandung, arahkan wajah ke depan cermin, dan biarkan dia melihat gerak mulutnya, untuk mengetahui ejaan yang keluar dari mulutnya.

"Misalnya saja diajak bernyanyi `Satu-satu aku sayang ibu`. Mungkin dia tidak bisa mengikuti kata satu-satunya. Tapi, dia akan mengucapkan ibunya. Saat dia melakukan itu, perlihatkan dia ke depan kaca," kata Sri menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.