Sukses

Pergerakan Jemaah Haji Lancar, Mekah Padat

Baru kali ini jemaah Indonesia seluruhnya masuk ke Mina pukul 06.00 waktu setempat.

Pergerakan jemaah Indonesia dari Arafah-Muzdalifah-Mina pada musim haji tahun ini cenderung lebih cepat ketimbang 2012 silam. Baru kali ini jemaah Indonesia seluruhnya masuk ke Mina pukul 06.00 waktu setempat.

Padahal pada 2012 lalu, jemaah Indonesia baru bisa masuk Mina pada pukul 11.00 waktu setempat dan pada 2011 pada jam 15.00 waktu setempat. "Ini rekor. Pergerakan jemaah dengan kendaraan bus berjalan lancar," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimanyu di Mekah, Arab Saudi, Selasa (15/10/2013).

Sementara itu, lalu lintas di Mekah pun terpantau padat sejak Selasa subuh hingga petang waktu setempat. Kondisi itu terjadi karena kendaraan-kendaraan jemaah dari Arafah sebagian telah kembali ke Mekah untuk melaksanakan tawaf ifadah dan sai.

Anggito menilai, beberapa faktor yang menyebabkan lancarnya pergerakan jamaah itu, antara lain karena bus yang digunakan semuanya relatif bagus. Bus-bus yang digunakan berasal dari 2 perusahaan otobus Arab Saudi, yakni Rawahel dan Saptco.

Selain itu, koordinasi yang baik antara Nakoba (Asosiasi Perusahaan Otobus setempat) dengan Panitia Penyelengggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga turut mempengaruhi kelancaran perpindahan jemaah haji.

"Mereka punya telepon hotline yang bisa koordinasi kapan saja," ujar Anggito.

Anggito menuturkan, setelah menyelesaikan prosesi wukuf di Arafah serta mabit di Muzdalifah, jemaah haji reguler umumnya memilih ke Mina dahulu untuk melempar jumroh. Sedangkan haji khusus ke Masjidil Haram untuk tawaf ifadhah dan sai. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.