Sukses

PSM Makassar dan Borneo FC Wakili Indonesia di ASEAN Club Championship, Ini Hasil Undian Fase Grup

PSM Makassar dan Borneo FC Samarinda jadi wakil Indonesia pada ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025. Kedua tim pun sudah mengetahui lawan berdasar drawing fase grup di Ho Chi Minh City, Vietnam, Kamis (9/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar dan Borneo FC Samarinda jadi wakil Indonesia pada ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025. Kedua tim pun sudah mengetahui lawan berdasar drawing fase grup di Ho Chi Minh City, Vietnam, Kamis (9/5/2024).

Juku Eja masuk Grup A bersama BG Pathum United (Thailand), Terengganu FC (Malaysia), dan Doang A Thanh Hoa FC (Vietnam). Dua klub lainnya di Grup A akan ditentukan dalam pertandingan play-off.

Sementara Borneo FC berada di grup B bersama Buriram United (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia), Cong An Hanoi FC (Vietnam), Kaya FC Iloilo (Filipina), dan Lion City Sailors FC (Singapura).

PSM Makassar diundang sejak awal sejak ajang bernama lain Shopee Cup ini diumumkan. Sementara Borneo FC menggantikan Persija Jakarta yang memilih mundur. Pesut Etam terpilih karena jadi juara regular series BRI Liga 1 2023/2024.

Rencananya, kompetisi antar-negara ASEAN ini bakal mulai bergulir bulan Juli 2024 sampai akhir Mei 2025.

Hasil Drawing ASEAN Club Championship:

Grup A

BG Pathum United (Thailand)

Terengganu FC (Malaysia)

PSM Makassar (Indonesia)

Doang A Thanh Hoa FC (Vietnam)

Pemenang Playoff 1

Pemenang Playoff 2

Grup B

Buriram United (Thailand)

Kuala Lumpur City FC (Malaysia)

Cong An Hanoi FC (Vietnam)

Borneo FC (Indonesia)

Kaya FC Iloilo (Filipina)

Lion City Sailors FC (Singapura)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persija Jakarta Mundur dari ASEAN Shopee Cup 2024

Persija Jakarta sebelumnya memutuskan mundur dari kesempatan mengikuti ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025. Macan Kemayoran memilih fokus ke BRI Liga 1 musim depan.

Sebagai runner-up BRI Liga 1 2022/2023, Persija berhak mendapatkan satu tempat dalam kompetisi regional bernama ASEAN Shopee Cup itu. Namun, manajemen mengambil keputusan sulit dan melewatkan tawaran dari AFF.

"Suatu kehormatan bagi Persija mendapatkan undangan untuk tampil di ACC. Namun, kami menilai situasi saat ini tidak ideal dikarenakan ketidakpastian jadwal, baik itu kompetisi musim depan dan turnamen domestik," kata Presiden Persija Jakarta Mohamad Prapanca dalam keterangan tertulis.

Dia menyatakan klub harus menyusun kekuatan tim untuk memperbaiki performa dalam Liga 1 musim depan dan bersiap mengikuti turnamen domestik yang kabarnya juga akan bergulir bersamaan dengan ACC.

"Kami tidak mau memecah fokus, agar pencapaian tim bisa lebih baik lagi dibanding musim sebelumnya," kata Prapanca.

Manajemen mengharapkan keluarga besar Persija memahami keputusan ini dan tetap mendoakan Macan Kemayoran bisa membentuk tim yang lebih solid untuk musim depan.

Selain Persija, AFF juga menyediakan satu tempat untuk PSM Makassar selaku juara BRI Liga 1 2022/2023, guna mengikuti ACC 2024/2025.

3 dari 3 halaman

Format ASEAN Shopee Cup 2024

ACC dijadwalkan berlangsung mulai 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025 dan akan hadir dalam format liga dengan babak kualifikasi playoff dan fase grup yang menampilkan 12 klub tersohor di ASEAN.

Klub-klub sepak bola tersebut akan berkompetisi dengan sistem tandang dan kandang untuk merebutkan gelar juara.

Turnamen itu akan dihadiri oleh juara liga domestik dan juara piala domestik (atau runner-up dalam situasi tertentu) masing-masing negara peserta; Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (perwakilan dua tim setiap negara).

Kemudian, Filipina dan Singapura (perwakilan satu tim). Sedangkan, juara liga nasional Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat dalam fase grup turnamen melalui kualifikasi play-off.

Sebanyak 12 klub sepak bola yang memenuhi syarat akan diundi masuk dua grup. Fase awal akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Lalu, juara dan runner-up grup akan lanjut ke semifinal dan final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.