Sukses

PPIH Tegaskan Kabar Payung Raksasa di Masjidil Haram Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Endang Jumali menegaskan, isu adanya payung raksasa otomatis penutup Kakbah di Masjidil Haram merupakan kabar palsu atau hoaks.

"Saya mendengar berita yang viral itu. Saya tegaskan lagi bahwa itu hoaks," kata Endang di Makkah, seperti dikutip dari Antara, Selasa (31/7/2018).

Berdasarkan video yang viral soal payung raksasa, memang nampak fasilitas payung penutup bagian atas Kakbah layaknya di stadion sepak bola masa kini.

Diduga, payung raksasa itu sekadar model percontohan soal payung raksasa untuk Kakbah tetapi tidak diterapkan di area Masjidil Haram pada saat ini.

Menurut Endang, sampai saat ini tidak ada payung raksasa otomatis yang bisa membuka dan menutup Kakbah. Dia mengatakan, Masjidil Haram tetap seperti sebelumnya atau tidak terjadi perubahan secara signifikan.

"Belum terjadi seperti apa yang terjadi di kabar itu," kata dia.

Terkait adanya info-info hoaks seputar ibadah haji, Endang mengimbau masyarakat, termasuk jemaah agar tidak mudah percaya dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami imbau kepada calon jemaah haji untuk tetap hati-hati dan mendeteksi setiap informasi, cek sumber dari mana, faktanya seperti apa," tegas Endang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kini Jemaah Umrah Bisa Beli Tikar dan Tisu Basah Buatan Indonesia di Arab Saudi
Artikel Selanjutnya
Indeks Kepuasan Haji 2019 Naik, Menag Ucap Syukur