Sukses

Badai Besar Bakal Hantam Sydney, Warga Diminta Segera Pulang

Warga Sydney disarankan untuk pulang kerja atau beraktivitas di luar rumah lebih awal. Sebab gejala badai besar mulai terbentuk dan diperkirakan akan melanda kota itu.

Dikutip Liputan6.com dari News.com.au, Rabu (19/2/2014), selain diperkirakan berada di jalur serangkaian badai besar, Sydney juga akan dilanda banjir besar.

Lokasi banjir pertama di Sydney berada di jalur sibuk Rocky Point Road di Kogarah, yang terletak di selatan kota itu. Pusat Manajemen Transportasi setempat mengatakan, ada banjir kecil dekat persimpangan Jubilee Avenue. Yang mengakibatkan salah satu dari dua jalur selatan ditutup. Pengendara pun diminta untuk lebih berhati-hati.

Di selatan negara Australia itu, angin kencang telah menggulingkan beberapa pohon di jalan raya. Lalu lintas di Hume Highway di Coolac, antara Yass dan Gundagai, di selatan negara juga sangat terganggu imbas tiupan kencang angin itu.

Lalu lintas jalur ke utara Sydney juga terganggu, karena pihak berwenang sedang membersihkan puing-puing dari dekat persimpangan Cooneys Creek Road.

Di West Wyalong, angin telah menyebabkan pohon rubuh di Newell Highway, sekitar 20 kilometer sebelah utara dari West Wyalong. Badan peramal cuaca juga memperkirakan daerah itu akan dilanda cuaca buruk.

Di Sydney, air telah menggenang di Hume Highway, Warwick Farm, dekat Bigge Street. Berdampak pada terganggunya lalu lintas di jalur kota itu. Lalu lintas di Tol M4 dekat juga terganggu akibat kecelakaan jalan sekitar pukul 02.45.

Katarina Kovacevic, peramal dari Badan Meteorologi mengatakan: Dalam hal curah hujan, kita akan melihat beberapa daerah akan mengalami hujan lokal yang lebat. Curah hujan kali ini akan menjadi fenomena yang paling signifikan, daripada angin atau hujan es.

"Curah hujan akan bertambah dalam dalam 30 menit berikutnya dan petir satu jam setelahnya. Puncaknya akan ada di sore hari, dan mungkin masih akan berlangsung sampai malam.

"Mungkin ada beberapa banjir bandang di beberapa daerah di Sydney, ketika orang-orang dalam perjalanan pulang," tambah Katarina.

Sementara itu, badai telah menjauh dari Cowra.

"Ada badai beberapa kilometer dari Corowa," jelas Katarina.

Badan Meteorologi mengatakan curah hujan 10-30 milimeter diperkirakan akan mengguyur pusat kota Sydney, kemudian akan turun khususnya di utara kota itu.

Perkiraan cuaca pada Rabu siang adalah sebagian Sydney berawan, dengan hujan tersebar dan badai yang masih terisolasi berkembang di barat. Diperkirakan potensi badai akan berkembang pada tengah hari dan terjadi badai pada sore dan malam hari.

Sementara itu, Menteri Pertanian Barnaby Joyce telah memperingatkan bahwa kekeringan di New South Wales dapat terjadi lebih lama, meskipun hujan hari ini.  (Tnt/Sss)

Lihat juga:

Iran Diserang Badai Salju Terburuk, 11 Ribu Warga Terjebak

Dinding Bangunan Kuno 30 Meter Roboh, Italia Siaga Banjir

[VIDEO] Cuaca Ekstrem Juga Hantam Sejumlah Negara di Dunia