Sukses

Buru Pesawat Tak Berawak Musuh Jadi Mata Pelajaran di Iran

Penerapan mata pelajaran ini merupakan rencana kelompok garis keras di Iran yang ingin menerapkan pelajaran militer.

Iran berencana menerapkan mata pelajaran yang tidak biasa untuk para anak sekolah. Yakni studi berburu pesawat tak berawak yang dioperasikan remote control.

Unit paramiliter Garda Revolusi Iran menyatakan pihaknya mengusulkan mata pelajaran berburu pesawat mata-mata itu agar diberlakukan mulai September 2013 mendatang.

Komandan badan militer Basij, Jenderal Ali Fazli menyatakan, program baru ini akan diajarkan pada siswa SMA untuk membekali anak-anak bagaimana untuk membela dan mempertahankan negara.

"Nanti anak-anak akan diajarkan untuk meretas sistem komputer, melacak dan menjatuhkan pesawat mata-mata," ujar Jenderal Ali melalui surat kabar Iran Etemaad Daily seperti dikutip News.com.au, Rabu (21/8/2013).

Penerapan mata pelajaran ini merupakan rencana kelompok garis keras di Iran yang ingin menerapkan pelajaran militer di negaranya. Siswa SMP dan SMA akan diajarkan kemiliteran dalam ekstrakurikuler pertahanan sipil.

Tentu saja tindakan ini bukan tanpa alasan. Sebelumnya, pada 2011 lalu, Iran telah kecolongan pesawat tak berawak milik Amerika Serikat bernomor RQ-170 yang menerobos wilayah Iran. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.