Sukses

[VIDEO] Tradisi Nyekar Usai Salat Id di Yerussalem

Tradisi khusus warga di Yerusalem mengunjungi makam keluarga usai salat Id di Mesjid al Aqsa masih terus dilakukan hingga kini.

Idul Fitri dirayakan dengan khusyuk di berbagai belahan dunia. Termasuk di negara-negara yang tengah dilanda krisis politik.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (8/8/2013), tradisi khusus warga di Yerusalem mengunjungi makam keluarga alias nyekar usai salat Id juga ternyata dilakukan masyarakat tersebut. Rampung salat Id di Masjid Al Aqsa, mereka pun berbondong-bondong berziarah.

Tradisi tersebut juga dilakukan oleh Presiden Palestina, Mahmud Abbas usai mengikuti salat Id di markasnya di Ramalah, Tepi Barat. Abbas berziarah ke makam mendiang pemimpin dan Presiden Palestina Yaser Arafat di Kota Gaza.

Sementara dalam khotbah saat memimpin salat Id di lapangan Al Yarmuk, pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh pun menyerukan agar negosiasi soal Palestina segera diakhiri. Karena dalam prosesnya, warga Palestina banyak disakiti. Di Masjid Ibraheimi di Hebron, warga setempat mengikuti salat Id lalu berziarah ke makam kerabat.

Di Kairo Mesir, krisis politik yang berlangsung sejak akhir Juni membuat salat Id berlangsung di bawah pengawalan ketat militer. Ruas jalan menuju Lapangan Tahrir di mana salat Id digelar pun dijaga personel dan kendaraan militer.

Sementara puluhan ribu pendukung presiden terguling Mohamed Morsi menggelar salat Id di Lapangan Raba'a al Adawiya. Di mana mereka biasa menggelar demo duduk mendukung Morsi. Mereka juga masih tak memperdulikan ancaman militer yang akan membubarkan aksi mereka dengan paksa. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini