Sukses

Ilmuwan Klaim Kembangkan Hati di Dalam Kantong Sel, Angin Segar Bagi 10.000 Orang AS Penanti Donor

Transplantasi hati kini terhambat oleh kurangnya donor. Perusahaan berbasis di Pittsburgh ini mencoba menciptakan hati baru di dalam tubuh manusia sebagai solusi alternatif.

Liputan6.com, Pittsburgh - Untuk pertama kalinya, ilmuwan mencoba untuk menumbuhkan liver atau hati baru berukuran mini, di dalam tubuh manusia.

Dilansir dari Wired, Jumat (12/4/2024), perusahaan bioteknologi Lygenesis mencoba untuk menumbuhkan hati baru setelah terinspirasi dari sebuah episode Grey's Anatomy yang ditayangkan pada tahun 2018. 

Pada Selasa (2/4), LyGenesis mengumumkan bahwa seorang relawan awal telah menerima suntikan sel donor untuk mengubah salah satu nodus limfatik mereka menjadi hati kedua.

Prosedur tersebut dilakukan di Houston pada tanggal 25 Maret sebagai bagian dari uji klinis yang akan menguji pengobatan eksperimental ini pada 12 orang dewasa dengan penyakit hati stadium akhir.

Pasien-pasien tersebut biasanya membutuhkan transplantasi hati, tetapi organ donor hati dalam jumlah yang terbatas. Lygenesis berharap dapat merangsang pertumbuhan jaringan hati yang cukup sehat sehingga pasien tidak memerlukan transplantasi.

"Kami menggunakan nodus limfatik sebagai bioreaktor hidup," kata Michael Hufford, pendiri dan CEO LyGenesis yang berbasis di Pittsburgh. Ia juga mengatakan bahwa hanya 10 hingga 30 persen tambahan massa hati bisa memiliki efek signifikan bagi pasien dengan penyakit hati stadium akhir.

Ada sekitar 10.000 orang di Amerika Serikat berada di daftar tunggu untuk mendapatkan hati baru, dan banyak dari mereka akan menunggu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk mendapatkannya.

Angka tersebut belum termasuk mereka yang membutuhkan hati baru tetapi tidak memenuhi syarat untuk transplantasi karena masalah kesehatan lainnya.

Walaupun demikian, tidak semua hati donor cocok dengan pasien yang menunggu transplantasi. Terkadang, mereka tidak memiliki tipe darah yang tepat, atau mungkin terlalu berlemak untuk digunakan. Namun, mereka masih layak untuk proses Lygenesis, dan satu hati yang didonasikan memiliki cukup sel untuk mengobati hingga 75 orang, kata Hufford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuncinya Ada di Kelenjar Getah Bening

Dari organ-organ tersebut, ilmuwan LyGenesis mengisolasi dan membersihkan hepatosit, sel-sel paling banyak dalam hati dan mengumpulkannya dalam kantong infus. Langkah berikutnya adalah membawa sel-sel tersebut ke tempat yang tepat di dalam tubuh.

Sayangnya, sel-sel sehat dari donor tidak dapat disuntikkan langsung ke dalam hati yang sakit karena tidak akan bertahan, kata Eric Lagasse, kepala ilmuwan dari LyGenesis dan seorang profesor patologi di Universitas Pittsburgh.

Sekitar satu dekade yang lalu, ia mengidentifikasi kelenjar getah bening sebagai lokasi potensial untuk hati baru. kelenjar getah bening yang berbentuk seperti kacang, dapat membantu melawan infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. 

Kelenjar getah bening juga memiliki kemampuan untuk berkembang, dan layaknya hati, kelenjar getah bening juga menyaring darah. Karena ada begitu banyak di seluruh tubuh, sekitar 500 hingga 600 pada orang dewasa, memanfaatkan sedikit dari kelenjar getah bening tidak seharusnya memengaruhi bagaimana organ lain melakukan tugasnya.

Terapi LyGenesis menargetkan gugus kelenjar getah bening perut yang terlibat dalam sistem pembuluh darah yang terhubung ke hati. Untuk memberikan dosis kepada relawan pertama, dokter memasukkan tabung tipis dan fleksibel dengan kamera di ujungnya ke dalam tenggorokan pasien dan melalui saluran pencernaan. 

Menggunakan ultrasound, mereka mengidentifikasi salah satu kelenjar getah bening target dan menyuntikkan 50 juta hepatosit ke dalamnya.

Kemudian mereka memilih kelenjar getah bening yang berdekatan dengan hati untuk memanfaatkan sinyal yang dikeluarkannya dalam upaya memperbaiki diri. Hati merupakan satu-satunya organ yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi diri, bahkan ketika rusak, hati masih melepaskan faktor-faktor pertumbuhan dan molekul lain dalam upaya untuk melakukannya.

Sel-sel donor sepertinya menangkap sinyal-sinyal itu dan membentuk struktur hati baru.

3 dari 4 halaman

Eksperimen Awal Menggunakan Tikus dan Babi

Dalam percobaan awal, Eric Lagasse, kepala ilmuwan dari LyGenesis menemukan bahwa jika ia menyuntikkan sel-sel hati sehat ke kelenjar getah bening tikus, sel-sel tersebut akan berkembang dan membentuk hati kedua yang lebih kecil untuk mengambil alih fungsi hati yang rusak pada hewan tersebut.

Hati baru tumbuh hingga 70% dari ukuran hati asli, "Yang terjadi adalah hati tumbuh sampai ukuran tertentu dan kemudian berhenti tumbuh ketika mencapai tingkat yang diperlukan untuk fungsi normal," kata Lagasse.

Di Universitas Pittsburgh, Lagasse dan rekan-rekannya juga menguji pendekatan ini pada babi. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2020, mereka menemukan bahwa babi mendapatkan fungsi hati kembali setelah mendapatkan suntikan sel hati ke kelenjar getah bening perut.

Ketika para ilmuwan memeriksa kelenjar getah bening dengan hati mini, mereka menemukan bahwa jaringan pembuluh darah dan saluran empedu telah terbentuk secara spontan. Semakin parah kerusakan pada hati asli babi, semakin besar hati kedua tumbuh, menunjukkan bahwa tubuh hewan tersebut mungkin dapat mengenali jaringan hati yang sehat dan mentransfer tanggung jawab kepadanya.

Seorang spesialis hati di Universitas Michigan, Elliot Tapper, juga sangat antusias dengan prospek mengubah kelenjar getah bening menjadi hati baru, "Meskipun bukan tempat di mana hati dimaksudkan untuk berada, kelenjar getah bening masih dapat melakukan beberapa fungsi hati," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Diharapkan Bisa Menyelamatkan Nyawa Orang

Manfaat yang paling mungkin dari pengobatan LyGenesis ini adalah menghilangkan amonia dari darah. Pada penyakit hati tahap akhir, amonia dapat menumpuk dan berpindah ke otak, di mana ia menyebabkan kebingungan, perubahan suasana hati, kejatuhan, dan kadang-kadang koma.

Tapper tidak berpikir bahwa organ mini baru bisa melakukan semua fungsi hati alami, karena mereka mengandung jenis sel selain hepatosit.

Salah satu pertanyaan besar adalah berapa banyak sel yang dibutuhkan bagi manusia untuk tumbuh hati yang cukup besar untuk mengambil alih fungsi vital tertentu, seperti menyaring darah dan memproduksi empedu.

Dalam eksperimen LyGenesis, tiga pasien tambahan akan mendapatkan suntikan 50 juta sel ke satu kelenjar getah bening, yang merupakan dosis terendah. Jika terlihat aman, kelompok kedua akan mendapatkan 150 juta sel ke dalam tiga kelenjar getah bening yang berbeda. Kelompok ketiga akan mendapatkan 250 juta sel di lima kelenjar getah bening, artinya mereka bisa memiliki lima hati mini tumbuh di dalam tubuh mereka.

Adapun efek dari terapi ini tidak akan langsung terlihat. Hufford mengatakan kemungkinan butuh dua hingga tiga bulan bagi organ baru untuk tumbuh cukup besar untuk mengambil alih beberapa fungsi hati sebelumnya.

Dan seperti penerima donor organ pada umumnya, peserta uji coba akan perlu minum obat imunosupresan seumur hidup untuk mencegah tubuh mereka menolak sel donor.

Jika uji coba ini berhasil, itu bisa memberikan alternatif penyelamatan nyawa untuk transplantasi hati bagi beberapa pasien. "Jika mereka membuktikan bahwa itu efektif dan aman," kata Tapper, "pasti akan ada kandidat yang tertarik dengan jenis intervensi ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini