Sukses

5 Fenomena Konjungsi Planet pada April 2024

Konjungsi planet terjadi ketika dua benda langit, seperti planet, bulan, atau matahari, berada pada garis lurus yang sama saat diamati dari Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Konjungsi planet adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika dua atau lebih benda langit tampak berdekatan di langit malam. Peristiwa ini dapat terjadi antara planet, planet dan Bulan, atau bahkan planet dan bintang.

Konjungsi planet terjadi ketika dua benda langit, seperti planet, bulan, atau matahari, berada pada garis lurus yang sama saat diamati dari Bumi. Konjungsi planet terjadi karena orbit setiap planet berbeda-beda.

Saat planet-planet bergerak mengelilingi matahari, ada kalanya mereka berada pada posisi yang sejajar atau hampir sejajar. Posisi ini menciptakan ilusi optik bahwa mereka berdekatan di langit, meskipun jarak sebenarnya antar benda langit tersebut bisa sangat jauh.

Pada April 2024 ini ada tiga fenomena konjungsi planet yang terjadi. Dikutip dari laman In The Sky pada Senin (01/04/2024), berikut fenomena konjungsi planet April 2024.

1. Konjungsi Venus dan Neptunus

Konjungsi planet Venus dan planet Neputunus akan terjadi pada 3 April 2024. Fenomena konjungsi dua planet spektakuler tersebut dapat terlihat di Indonesia pada 3 April 2024, tepatnya mulai pukul 17.53 WIB. Sayangnya, fenomena konjungsi Venus dan Neputunus ini akan sulit untuk diamati lantaran jaraknya yang berdekatan dengan Matahari.

Saat konjungsi terjadi, baik Venus maupun Neptunus akan berada pada jarak 16 derajat dari matahari. Hal ini menyebabkan cahaya pasangan planet tersebut terhalang oleh cahaya Matahari.

Apabila beruntung, para pecinta astronomi masih bisa mengamati konjungsi Venus dan Neptunus ketika langit sudah gelap di cakrawala barat. Diketahui, Venus akan terlihat pada magnitudo -3,9 (sangat terang), sedangkan Neptunus berada di magnitudo 8 (redup).

Oleh sebab itu, untuk menyaksikan Neptunus secara lebih jelas membutuhkan alat bantu seperti teleskop. Berbeda dari Venus yang dapat diamati dengan mata telanjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konjungsi Bulan dan Mars

2. Konjungsi Bulan dan Mars

Selain pertemuan antar planet, langit juga akan dihiasi pertemuan antara satelit dan planet. Bulan akan membentuk garis imajiner lurus dengan Mars pada 6 April 2024, tepatnya mulai pukul 03.37 WIB dini hari.

Pertemuan dua objek langit yang cantik ini akan terjadi di konstelasi Aquarius. Saat konjungsi terjadi, Bulan akan tampak pada magnitudo -10 (sangat terang) dan Mars di magnitudo 1,2 (terang).

Pesona keduanya bisa diamati dengan mata telanjang. Mars bakal tampak seperti bintang berwarna merah atau oranye paling terang di langit dini hari. Apabila ingin melihatnya secara lebih dekat, gunakanl teleskop atau alat bantu lainnya.

3. Konjungsi Mars dan Saturnus

Fenomena konjungsi planet Mars dan Saturnus juga akan menghiasi langit malam pada April 2024 ini. Keduanya bisa dilihat pada 11 April 2024, tepatnya mulai pukul 03.32 dini hari.

Mars dan Saturnus akan tampak seperti dua pasangan bintang paling terang di konstelasi Aquarius. Saat konjungsi terjadi, Mars akan bersinar pada magnitudo 1,2 (terang) dan Saturnus di magnitudo 1,1 (terang).

Pertemuan dua planet yang menghuni tata surya tersebut bisa disaksikan dengan mata telanjang.

4. Konjungsi Jupiter dan Uranus

Konjungsi Jupiter dan Uranus diperkirakan terjadi pada 20 April 2024. Konjungsi adalah saat dua planet berada dalam posisi yang berdekatan atau sedang berpapasan

Konjungsi Jupiter dan Uranus adalah momen besar pada 2024 dari sudut pandang astrologi. Konjungsi ini bisa menjadi sangat liar karena Uranus adalah planet pemberontakan dan revolusi.

Sedangkan Jupiter adalah planet kepercayaan dan gambaran besar. Kombinasi Jupiter dan Uranus seharusnya membawa perubahan menarik pada dunia, terutama di bidang yang berhubungan dengan Taurus.

Jupiter dan Uranus bertemu dalam konjungsi kira-kira setiap 14 tahun. Terakhir kali mereka bertemu adalah pada 2011, dan pertemuan mereka berikutnya ditetapkan pada 2037.

5. Konjungsi Mars dan Neptunus

Pada tanggal 29 April 2024, para pecinta astronomi akan disuguhkan dengan fenomena langit yang langka yakni konjungsi antara Mars dan Neptunus. Peristiwa ini terjadi ketika kedua planet ini tampak sejajar di langit malam, menciptakan pemandangan yang indah dan menarik untuk diamati.

Terakhir kali kedua planet ini berdekatan seperti ini terjadi pada tahun 2010. Pada konjungsi kali ini, Mars akan terlihat lebih terang daripada Neptunus karena jaraknya yang lebih dekat ke Bumi.

Konjungsi Mars dan Neptunus dapat diamati dengan mata telanjang di lokasi yang bebas polusi cahaya. Namun, untuk melihat kedua planet dengan lebih jelas, Anda dapat menggunakan teleskop atau binokuler.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.