Sukses

3 Pengamat PBB Terluka Akibat Insiden Ledakan di Lebanon Selatan

Ada tiga pengamat PBB terluka akibat insiden ledakan di Rmeish, Lebanon selatan.

Liputan6.com, Rmeish - Tiga pengamat PBB dan seorang penerjemah terluka akibat insiden di Rmeish, Lebanon selatan, kata misi penjaga perdamaian PBB.

Kantor berita Lebanon melaporkan bahwa serangan pesawat tak berawak Israel berada di balik ledakan tersebut, namun militer Israel membantah pihaknya bertanggung jawab.

Misi PBB, Unifil, mengatakan bahwa mereka yang terluka sedang menerima perawatan dan sedang menyelidiki asal muasal ledakan tersebut, dikutip dari laman BBC, Minggu (31/3/2024).

Hal ini terjadi setelah meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan tidak resmi Israel-Lebanon.

Dalam sebuah pernyataan, Unifil mengatakan bahwa sebuah ada yang meledak di dekat kelompok yang sedang melakukan patroli jalan kaki di sepanjang Garis Biru PBB yang memisahkan Lebanon selatan dari Israel.

Mereka menggambarkan penargetan pasukan penjaga perdamaian sebagai hal yang “tidak dapat diterima”.

Juru bicara Unifil Andrea Tenenti mengatakan kepada BBC bahwa lokasi-lokasi yang berada jauh di dalam Lebanon semakin banyak dipilih sebagai sasaran, yang "berpotensi memicu konflik yang lebih luas".

Tidak ada rincian yang diberikan mengenai kewarganegaraan para pengamat atau kondisi mereka. Penerjemah bahasa Lebanon dilaporkan stabil.

Kantor Berita Nasional yang dikelola pemerintah Lebanon mengatakan "drone musuh" Israel menyerbu daerah di Lebanon selatan di mana para pengamat terluka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantahan Militer Israel

Militer Israel membantah hal ini, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Bertentangan dengan laporan, IDF [Pasukan Pertahanan Israel] tidak menyerang kendaraan Unifil di daerah Rmeish pagi ini."

Dalam beberapa hari terakhir, ketegangan kembali meningkat di sepanjang perbatasan tidak resmi antara Israel dan Lebanon, dengan korban jiwa di kedua belah pihak.

Tenenti dari Unifil mengatakan kepada program Newshour BBC bahwa penembakan yang ditargetkan dan mematikan kini terjadi "cukup jauh dari Garis Biru" di Lebanon.

Israel dan kelompok bersenjata Hizbullah hampir setiap hari melakukan serangan melintasi perbatasan, yang dimulai dengan dimulainya perang Israel-Gaza setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Hizbullah adalah kelompok militan Muslim Syiah Lebanon yang memiliki hubungan dekat dengan Iran dan sekutu Hamas.

Pada Jumat (29/3), Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan, IDF akan meningkatkan serangannya terhadap kelompok tersebut di Lebanon, “beralih dari memukul mundur menjadi secara aktif mengejar Hizbullah”.

“Di mana pun mereka bersembunyi, kami akan menjangkau mereka,” katanya.

3 dari 3 halaman

Tekanan dari Amerika Serikat

Sementara itu, Israel mendapat tekanan dari AS setelah mereka mengatakan pihaknya “tidak dapat mendukung” serangan darat skala besar yang diantisipasi di Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir, di mana terdapat lebih dari satu juta orang yang kehilangan tempat tinggal.

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah meningkatkan kekhawatiran mengenai meningkatnya kematian warga sipil di Gaza dan akses kemanusiaan ke wilayah tersebut, yang menurut PBB berada di ambang kelaparan.

Pada Sabtu (30/3) IDF mengakui membunuh dua pria Palestina dan menguburkan tubuh mereka dengan buldoser dalam “dua insiden berbeda” di Gaza.

Itu terjadi setelah Al Jazeera menerbitkan video yang telah diedit yang konon menunjukkan kejadian tersebut pada hari Rabu. BBC belum memverifikasi video tersebut secara independen.

Militer Israel mengatakan kedua pria tersebut mendekati pasukan mereka "dengan cara yang mencurigakan" dan tidak menanggapi tembakan peringatan.

Mereka dibunuh dan dikuburkan dengan buldoser karena khawatir orang-orang tersebut membawa bahan peledak, tambah IDF.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.