Sukses

Ngeri, Penyakit Ini Bikin Penderitanya Lihat Wajah Orang Lain Seperti Setan

Masih banyak dokter yang salah mendiagnosa penderita penyakit ini, menyebut penderitanya mengalami gangguan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Jenis penyakit semakin hari semakin aneh. Kini, ada penyakit baru yang mengganggu indera penglihatan penderitanya, di mana mereka melihat wajah orang lain seperti iblis atau setan.

Hal ini yang dialami Victor Sharrah, seorang warga di Tennessee, Amerika Serikat (AS). Ketika itu November 2020, ia menyadari bahwa wajah orang-orang di sekitarnya tampak seperti setan. Ia melihat bahwa telinga, hidung dan mulut orang lain seperti ditarik ke belakang dan terdapat lekukan dalam di dahi, pipi, dan dagu mereka.

"Pikiran pertama saya adalah saya terbangun di dunia setan," kata Sharrah yang berusia 59 tahun itu, seperti dilansir NBC News, Selasa (26/3/2024). 

"Anda tidak dapat membayangkan betapa menakutkannya hal itu."

Seseorang yang dikenalnya menduga bahwa dia mungkin menderita prosopometamorphopsia (PMO), gangguan persepsi neurologis yang sangat langka dan menyebabkan wajah tampak terdistorsi dalam bentuk, ukuran, tekstur, atau warna.

Distorsi tersebut hanya muncul ketika dia melihat orang secara langsung – bukan dalam foto atau melalui layar komputer.

Hal ini memberi para ilmuwan kesempatan untuk memvisualisasikan seperti apa wajah yang melengkung pada pengidap PMO, sesuatu yang belum pernah dapat mereka lakukan sebelumnya. Para peneliti di Dartmouth College lantas menciptakan representasi digital dari apa yang dialami Sharrah.

Gambar yang dihasilkan kemudian dipublikasikan di jurnal The Lancet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melihat Wajah Seperti Setan

Untuk membuat visual tersebut, para peneliti meminta Sharrah untuk mendeskripsikan perbedaan antara foto wajah manusia dan orang di kehidupan nyata yang berdiri di depannya. Para peneliti kemudian menggunakan perangkat lunak pengedit gambar untuk memodifikasi gambar agar sesuai dengan deskripsi Sharrah.

Gejala PMO sering kali hilang setelah beberapa hari atau minggu, meskipun dalam beberapa kasus gejala tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun. Sharrah mengatakan dia masih melihat wajah "setan".

Ada kurang dari 100 laporan kasus PMO yang dipublikasikan. Para peneliti menduga hal ini disebabkan oleh disfungsi jaringan otak yang menangani pemrosesan wajah, meski mereka belum sepenuhnya memahami apa yang memicu kondisi tersebut. Beberapa kasus telah dikaitkan dengan trauma kepala, stroke, epilepsi, atau migrain, namun orang lain menderita PMO tanpa perubahan struktural yang jelas di otak mereka.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Pemicu Penyakit PMO

Para peneliti menawarkan dua kemungkinan pemicu kasus Sharrah. Pertama, dia mengalami keracunan karbon monoksida empat bulan sebelum gejala PMO-nya dimulai.

Kedua, dia mengalami cedera kepala yang parah pada usia 43 tahun: Saat dia mencoba membuka pegangan mobil, Sharrah terjatuh ke belakang dan kepalanya terbentur beton. Menurut penelitian, pemindaian MRI menunjukkan adanya lesi di sisi kiri otaknya.

Penulis utama studi ini, Antônio Mello, seorang mahasiswa yang bekerja di Lab Persepsi Sosial Dartmouth, mengatakan bahwa penderita gejala PMO lainnya mengalami gejala yang sangat berbeda dengan gejala Sharrah.

"Beberapa orang telah melihat distorsi wajah sejak mereka masih kecil," kata Mello.

"Setidaknya bagi mereka, tidak mungkin menemukan satu peristiwa pun yang menjadi penyebabnya."

Para peneliti bahkan menduga kondisi ini mungkin tidak dilaporkan.

4 dari 4 halaman

Banyak Dokter Salah Diagnosa

Selain itu, kata penulis utama studi ini, Antônio Mello, banyak dokter yang tidak mengetahui PMO dan malah salah mendiagnosis orang dengan gangguan kesehatan mental. Akibatnya, beberapa pasien PMO diberi resep obat skizofrenia atau psikosis, yang tidak sesuai dengan kondisi mereka.

Perbedaan utama antara PMO dan gangguan psikologis, kata Mello, adalah bahwa orang-orang dengan PMO "tidak berpikir bahwa dunia ini benar-benar terdistorsi – mereka hanya menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda dengan visi mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.