Sukses

Terkuak Panggilan Khusus untuk Putri Kim Jong Un

Media Pemerintah Korea Utara tidak pernah menyebut nama putri Kim Jong Un, namun dinas intelijen Korea Selatan mengidentifikasinya sebagai Ju Ae.

Liputan6.com, Pyongyang - Media pemerintah Korea Utara pada Sabtu (16/3/2024) menyebut putri Kim Jong Un sebagai "orang hebat yang memberikan bimbingan". Istilah tersebut, kata para analis, biasanya digunakan untuk para pemimpin senior dan mengisyaratkan statusnya sebagai calon penerus.

Laporan resmi Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) versi bahasa Inggris dan Korea mengenai kunjungan Kim Jong Un dan putrinya ke lahan pertanian rumah kaca menggunakan bentuk jamak dari gelar tersebut, sehingga menunjukkan bahwa istilah tersebut berlaku untuk keduanya.

"Para tokoh besar pembimbing, bersama kader-kader partai, pemerintah, dan militer, berkeliling di pertanian," demikian bunyi laporan berbahasa Inggris, yang dilengkapi dengan gambar keduanya, seperti dilansir VOA Indonesia, Selasa (19/3).

Para analis menuturkan ini adalah pertama kalinya putri Kim Jong Un digambarkan seperti itu oleh Korea Utara. Media Pemerintah Korea Utara bahkan tidak pernah menyebut nama putri Kim Jong Un, namun dinas intelijen Korea Selatan mengidentifikasinya sebagai Ju Ae.

"Ini adalah ekspresi pertama dari mengangkat Kim Ju Ae ke jajaran seorang pemimpin," kata Yang Moo-jin, presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul kepada AFP.

Direktur Pusat Strategi Semenanjung Korea di Sejong Institute Cheong Seong-chang menjelaskan, "Istilah Korea Utara 'hyangdo' - yang berarti panduan - biasanya hanya digunakan untuk pemimpin puncak atau penerus rezim yang terisolasi."

"Tingkat pemujaan pribadi terhadap Kim Ju Ae sangat menunjukkan bahwa dia akan menggantikan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara berikutnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selimut Misteri Korea Utara

Kim Jong Un, cucu pemimpin pendiri Korea Utara Kim Il Sung dan generasi ketiga keluarga Kim yang memimpin negara itu, menikahi istrinya Ri Sol Ju pada 2009. Demikian menurut agen mata-mata Korea Selatan.

Adapun Kim Ju Ae pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh media pemerintah Pyongyang pada 2022, saat dia menemani ayahnya meluncurkan rudal balistik antarbenua.

Sejak saat itu, dia terlihat di banyak acara resmi ayahnya, termasuk latihan militer, kunjungan ke pabrik senjata, singgah di peternakan ayam, dan parade militer.

Dalam sebuah gambar yang dirilis oleh Korea Utara pada Sabtu, Ju Ae terlihat menggunakan teropong untuk mengamati latihan pasukan terjun payung baru-baru ini, di mana dia berdiri di samping ayahnya dan pejabat senior militer.

Sebelum tahun 2022, satu-satunya konfirmasi keberadaan Kim Ju Ae datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman. Dia melakukan kunjungan ke Korea Utara pada 2013 dan mengklaim bertemu dengan bayi perempuan Kim Jong Un yang bernama Kim Ju Ae.

Korea Selatan awalnya mengindikasikan bahwa Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju memiliki anak pertama laki-laki pada tahun 2010, sementara Kim Ju Ae adalah anak kedua mereka.

Namun, tahun lalu, menteri unifikasi Korea Selatan mengatakan pihaknya tidak dapat memastikan keberadaan putra Kim Jong Un.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.