Sukses

Mengenal Hari Ginjal Sedunia yang Diperingati 9 Maret, Ayo Tingkatkan Kesadaran soal Peran Penting Ginjal

World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia dirayakan tanggal 9 Maret setiap tahun, hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai penyakit ginjal.

Liputan6.com, Jakarta - World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia dirayakan tanggal 9 Maret setiap tahun. 

Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai penyakit ginjal yang ada dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan seseorang. 

Tubuh manusia membutuhkan ginjal untuk berfungsi dengan baik, dan tanpa ginjal yang sehat bahkan tugas pada badan yang paling sederhana pun bisa menjadi tugas yang berat. 

Oleh karena itu, ratusan acara diadakan di seluruh dunia pada hari ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan ginjal, mencakup hal-hal seperti pemutaran film publik, seminar, dan maraton.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan ginjal dan bagaimana masyarakat dapat berumur panjang dan bebas penyakit.

Menurut Profesor Garabed Eknoyan, organ mewakili emosi, keinginan, dan kebijaksanaan. Papirus Ebers Mesir berisi deskripsi kuno tentang ginjal. Georg Ebers, seorang Egypiantologist asal Jerman, menemukan hal ini sejak tahun 1550 SM, mengutip dari nationaltoday.com.

Kisah ini penting karena memuat pengamatan yang dilakukan oleh para dokter zaman dahulu. Yang mengejutkan, di dalamnya juga terdapat gambar mumi manusia dengan kondisi seperti kista dan batu ginjal.

Sementara itu, melansir dari pacehospital.com, 1 dari 10 orang di seluruh dunia menderita penyakit ginjal kronis pada tingkat tertentu, karena penyakit ini dapat berkembang pada usia berapa pun, dan berbagai faktor risiko dapat mempercepat penyakit tersebut.

Secara genetik, masyarakat di wilayah geografis Asia Selatan, yaitu masyarakat dari India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka, memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis, terutama dengan meningkatnya angka diabetes dan hipertensi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Awal Hari Ginjal Sedunia

Hari Ginjal Sedunia ditetapkan pada tahun 2006 untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ginjal. International Society of Nephrology (ISN) dan International Federation of Kidney Foundations (IFKF) berkolaborasi untuk menciptakan hari ini yang bertujuan sebagai kampanye global untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan ginjal. 

Hari ini juga menyoroti prevalensi penyakit ginjal dan pentingnya menjaga kesehatan ginjal yang optimal. 

Tujuan lain hari ini termasuk menekankan peran penting diabetes dan tekanan darah tinggi sebagai faktor risiko Chronic Kidney Disease (C.K.D) atau Penyakit Ginjal Kronis, serta menekankan untuk melakukan skrining semua pasien diabetes dan hipertensi.

Pada Hari Ginjal Sedunia, pemerintah didorong untuk mengambil tindakan dan berinvestasi dalam pemeriksaan ginjal tambahan, nilai laboratorium, dan tingkat rawat inap dengan penggantian biaya yang akan berdampak positif atau negatif jika target tidak tercapai.  

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Transplantasi Ginjal Pertama di Dunia

1902, Transplantasi Ginjal pada Anjing: Transplantasi ginjal pertama yang berhasil dilakukan pada seekor anjing di Vienna Medical School di Austria.

1936, Transplantasi yang tidak berhasil: Transplantasi ginjal manusia ke manusia pertama yang gagal terjadi.

1954, Transplantasi Ginjal Manusia: Transplantasi ginjal manusia, donor hidup pertama yang berhasil dilakukan antara saudara kembar identik di Rumah Sakit Peter Bent Brigham di Boston, Massachusetts – ginjal yang ditransplantasikan bekerja dengan baik selama delapan tahun.

1962, Transplantasi Pertama yang Berhasil: Di Boston, transplantasi ginjal pertama yang berhasil dilakukan dari donor yang telah meninggal, ginjal tersebut bertahan selama 21 bulan — ini adalah pertama kalinya azathioprine, obat imunosupresif baru, digunakan.

1968, Kartu Donor telah dibuat: Uniform Anatomical Gift Act membuat Uniform Donor Card yang memungkinkan siapa pun yang berusia 18 tahun ke atas untuk mendonorkan organ tubuh mereka secara sah setelah meninggal di Amerika Serikat.

 

4 dari 4 halaman

Cara untuk Memperingati Hari Ginjal Sedunia dan Fakta Tentang Ginjal

Pada Hari Ginjal Sedunia, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari ini mengutip dari nationaltoday.com:

1. Lakukan Pemeriksaan

Kita tidak mungkin mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Lakukan pemeriksaan dan pelajari lebih lanjut tentang kesehatan ginjal. 

2. Sebarkan kesadaran Hari Ginjal Sedunia

Tujuan Hari Ginjal Sedunia adalah untuk menyebarkan kesadaran mengenai penyakit ginjal dan kesehatan ginjal. Ikut ambil andil dalam menyebarkan tentang Hari Ginjal Sedunia.

3. Sebarkan Pengalaman

Jika kamu pernah menderita penyakit ginjal, coba bagikan cerita pengalamanmu ke media sosial agar masyarakat tau apa yang harus diwaspadai tentang kesehatan ginjal. 

5 Fakta Tentang Ginjal

1. Ukuran

Ginjal berukuran sebesar ponsel dan beratnya sekitar empat hingga enam ons.

2. Menciptakan vitamin

Ginjal mampu menghasilkan vitamin D dalam tubuh.

3. Dampak kehilangan ginjal

Jika salah satu ginjal diangkat, tubuh hanya kehilangan sekitar 25% fungsi ginjal.

4. Batu ginjal terbesar yang tercatat

Batu ginjal terbesar berdiameter 4,66 inci atau 11 cm pada titik terlebar dan berat 12,5 ons atau sekitar 354,3 gram. 

5. Filtrasi ginjal

Semua darah dalam tubuh Anda melewati ginjal dan disaring setiap 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.