Sukses

Nikki Haley Mundur dari Bursa Capres AS, Donald Trump dan Joe Biden Bakal 'Bertarung' Lagi

Nikki Haley mundur dari bursa capres Amerika Serikat (AS). Ia meninggalkan Donald Trump sebagai kandidat utama terakhir yang tersisa untuk nominasi Partai Republik tahun 2024.

Liputan6.com, New York - Nikki Haley mundur dari bursa capres Amerika Serikat (AS). Ia menangguhkan kampanye kepresidenannya pada Rabu 6 Maret 2024 setelah dikalahkan secara telak di seluruh negeri pada Super Tuesday, meninggalkan Donald Trump sebagai kandidat utama terakhir yang tersisa untuk nominasi Partai Republik tahun 2024.

Adapun Nikki Haley tidak mendukung mantan presiden tersebut dalam pidatonya di Charleston, Carolina Selatan. Sebaliknya, dia menantangnya untuk mendapatkan dukungan dari Partai Republik moderat dan pemilih independen yang mendukungnya.

"Sekarang terserah pada Donald Trump untuk mendapatkan suara dari orang-orang di partai kita dan di luar partai yang tidak mendukungnya. Dan saya berharap dia melakukan itu, katanya seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (7/4/2024).

"Yang terbaik, politik adalah tentang membawa orang ke tujuan Anda, bukan menolak mereka. Dan tujuan konservatif kami sangat membutuhkan lebih banyak orang."

Nikki Haley, mantan gubernur Carolina Selatan dan duta besar AS, adalah pesaing penting pertama Trump ketika ia ikut dalam bursa calon presiden atau bursa capres AS pada Februari 2023. Ia menghabiskan fase terakhir kampanyenya dengan secara agresif memperingatkan Partai Republik agar tidak menerima Trump, yang menurutnya terlalu termakan oleh kekacauan dan keluhan pribadi untuk mengalahkan Presiden Joe Biden dalam Pilpres AS.

Kepergian Nikki Haley membuat Donald Trump hanya fokus pada kemungkinan pertarungan ulangnya dengan Joe Biden pada November mendatang. Mantan presiden AS tersebut berada di jalur yang tepat untuk mencapai 1.215 delegasi yang diperlukan untuk meraih nominasi Partai Republik pada akhir bulan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekalahan Nikki Haley Sebuah Pukulan Menyakitkan

Kekalahan Nikki Haley menandai pukulan yang menyakitkan, meski bisa diprediksi, bagi para pemilih, donor, dan pejabat Partai Republik yang menentang Trump dan slogan politik "Make America Great Again". Dia sangat populer di kalangan pemilih moderat dan lulusan perguruan tinggi, daerah pemilihan yang kemungkinan besar akan memainkan peran penting dalam pemilihan umum.

Kendati demikian tidak jelas apakah Donald Trump, yang baru-baru ini menyatakan bahwa donor Haley akan dilarang secara permanen dari gerakannya, pada akhirnya dapat menyatukan partai yang terpecah belah.

Haley berencana untuk berbicara dengan para donor pada pertemuan Zoom Rabu (6/3) sore waktu setempat, menurut dua orang yang mengetahui rencana tersebut.

Adapun Donald Trump pada Selasa (5/3) malam menyatakan bahwa Partai Republik bersatu mendukungnya, namun dalam sebuah pernyataan tak lama kemudian, juru bicara Haley Olivia Perez-Cubas mengatakan, "Persatuan tidak dicapai hanya dengan menyatakan, 'Kami bersatu'."

"Saat ini, dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, masih terdapat sejumlah besar pemilih utama Partai Republik yang mengungkapkan keprihatinan mendalam terhadap Donald Trump," kata Perez-Cubas. "Itu bukanlah persatuan yang dibutuhkan partai kita untuk sukses. Mengatasi kekhawatiran para pemilih akan membuat Partai Republik dan Amerika menjadi lebih baik.”"

3 dari 4 halaman

Nikki Haley Tak Ingin Jadi Wakil Presiden Donald Trump

Nikki Haley telah menjelaskan bahwa dia tidak ingin menjabat sebagai wakil presiden Donald Trump atau mencalonkan diri sebagai pihak ketiga yang diatur oleh kelompok No Labels. Dia meninggalkan pencalonan dengan profil nasional yang tinggi yang dapat membantunya dalam pencalonan presiden di masa depan.

Segera setelah pidatonya pada hari Rabu (7/3), tim kampanye Donald Trump dalam email penggalangan dana secara keliru mengklaim bahwa Haley telah mendukung pencalonannya dan tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai pesan tersebut. Awal pekan ini, Haley mengatakan dia tidak lagi merasa terikat dengan janji yang mengharuskan semua pesaing Partai Republik untuk mendukung calon dari partai tersebut agar dapat berpartisipasi dalam debat utama.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Donald Trump terus mengejek mantan saingannya, sekaligus menyampaikan undangan kepada "semua pendukung Haley untuk bergabung dengan gerakan terbesar dalam sejarah Bangsa kita. "BIDEN ADALAH MUSUH, DIA MENGHANCURKAN NEGARA KITA," tulisnya. "MAKE AMERICA GREAT AGAIN!!!"

Sementara itu, pada hari Rabu (6/3), Joe Biden menyambut setiap pemilih yang mendukung Nikki Haley, mengakui penolakan Donald Trump sebelumnya terhadap para pendukung Haley.

"Donald Trump menegaskan bahwa dia tidak menginginkan pendukung Nikki Haley. Saya ingin memperjelas: Ada tempat bagi mereka dalam kampanye saya," kata Biden dalam sebuah pernyataan. "Saya tahu ada banyak hal yang tidak kami sepakati. Namun dalam isu-isu mendasar dalam menjaga demokrasi Amerika, dalam membela supremasi hukum, dalam memperlakukan satu sama lain dengan sopan dan bermartabat serta hormat, dalam menjaga NATO dan melawan musuh-musuh Amerika, saya berharap dan percaya kita dapat menemukan titik temu."

Sebuah kelompok yang menargetkan kaum independen dan Demokrat untuk memilih Nikki Haley dibandingkan Donald Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik kini mendorong para pemilih tersebut untuk mendukung Biden pada bulan November. Pada hari Rabu, Pivot Utama mengatakan pihaknya “berputar” lagi dengan inisiatif baru – Haley Voters for Biden – yang pada akhirnya mungkin akan mendorong Partai Demokrat untuk kembali mendukung calon calon dari partai mereka.

 

4 dari 4 halaman

Perolehan Suara Nikki Haley

Dengan tetap berkampanye hingga saat ini, Nikki Haley sejatinya mendapatkan dukungan yang cukup dari masyarakat pinggiran kota AS dan para pemilih berpendidikan perguruan tinggi untuk menyoroti kelemahan Donald Trump terhadap kelompok-kelompok tersebut.

Dalam survei AP VoteCast yang dilakukan terhadap pemilih utama dan kaukus Partai Republik di Iowa, New Hampshire, dan South Carolina, antara 61% dan 76% pendukung Nikki Haley mengatakan mereka akan sangat tidak puas jika Donald Trump menjadi calon dari Partai Republik sehingga tidak akan memilihnya pada pilpres mendatang bulan November.

Para pemilih pada pemilu awal Partai Republik yang mengatakan bahwa mereka tidak akan memilih Trump pada musim gugur nanti mewakili segmen kecil namun signifikan dari pemilih: 2 dari 10 pemilih di Iowa, sepertiga pemilih di New Hampshire, dan satu- seperempat pemilih Carolina Selatan.

Nikki Haley meninggalkan bursa pemilihan presiden tahun 2024 setelah membuat sejarah sebagai wanita pertama yang memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik. Dia mengalahkan Donald Trump di Distrik Columbia pada hari Minggu (3/3) dan di Vermont pada hari Selasa (5/3).

Nikki Haley bersikeras bahwa dia akan tetap ikut bursa capres hingga Super Tuesday dan melintasi negeri untuk berkampanye di negara-negara bagian untuk meraih suara Partai Republik. Pada akhirnya, dia tidak mampu menjatuhkan Donald Trump dari jalurnya menuju nominasi ketiga berturut-turut.

Para sekutu Nikki Haley mencatat bahwa ia melampaui sebagian besar ekspektasi dunia politik dengan berhasil mencapai apa yang ia lakukan. Dia awalnya mengesampingkan untuk mencalonkan diri melawan Donald Trump pada tahun 2024. Namun dia berubah pikiran dan akhirnya meluncurkan pencalonannya tiga bulan setelah Donald Trump melakukannya, dengan alasan antara lain masalah ekonomi negaranya dan perlunya "perubahan generasi."

Nikki Haley yang berusia 52 tahun, kemudian menyerukan dilakukannya uji kompetensi bagi politikus berusia di atas 75 tahun – yang merupakan pukulan telak bagi Donald Trump yang berusia 77 tahun, dan Biden, yang berusia 81 tahun.

Pencalonan Nikki Haley lambat dalam menarik donor dan dukungan, namun ia akhirnya mengalahkan semua pesaingnya dari Partai Republik, termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis, mantan Wakil Presiden Mike Pence dan Senator Tim Scott, rekannya dari Carolina Selatan yang ia tunjuk ke Senat pada tahun 2012. Dan uang mengalir masuk hingga akhir. Pihak penyelenggara kampanyenya mengatakan berhasil mengumpulkan lebih dari $12 juta pada bulan Februari saja.

Nikki Haley mendapatkan popularitas di antara banyak donor Partai Republik, pemilih independen, dan kelompok “Never Trump”, meskipun dia mengkritik kasus kriminal yang menimpanya karena bermotif politik dan berjanji bahwa jika dia menjadi presiden akan memberikan pengampunan jika dia dinyatakan bersalah di pengadilan federal.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.