Sukses

Invasi Rusia Masuk Tahun ke-3, Ukraina Kehabisan Amunisi hingga Moskow Kian Berani

Ukraina pada hari Sabtu (24 Februari 2024) menandai dua tahun sejak invasi Rusia, memasuki tahun baru perang yang dilemahkan oleh kurangnya bantuan barat. Sementara Rusia menjadi lebih berani dengan kemajuan baru.

Liputan6.com, Kyiv - Ukraina pada hari Sabtu (24 Februari 2024) menandai dua tahun sejak invasi Rusia, memasuki tahun baru perang yang dilemahkan oleh kurangnya bantuan barat. Sementara Rusia menjadi lebih berani dengan kemajuan baru.

Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan "operasi militer khusus" saat fajar pada 24 Februari 2022, banyak yang memperkirakan kemenangan Moskow dalam beberapa hari, namun Ukraina melawan, memaksa pasukan Rusia mundur secara memalukan.

Kendati demikian Ukraina mengalami kemunduran dengan kegagalan serangan balasannya pada tahun 2023. Tentara Rusia pada gilirannya telah membangun posisi yang kuat berkat produksi perang yang meningkat, sementara pasukan Ukraina kekurangan tenaga kerja dan kehabisan amunisi yang dipasok Barat untuk artileri dan pertahanan udara.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada hari Jumat (23/2) bahwa keputusan mengenai pasokan senjata harus menjadi "prioritas".

Pada peringatan hari Sabtu (24/2), seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (25/2), dihadiri para pemimpin Barat termasuk ketua komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen yang memuji “perlawanan luar biasa” Ukraina saat ia tiba di Kyiv.

Meski demikian, gambaran keseluruhan masih suram bagi Ukraina karena Kongres AS memblokir paket bantuan penting senilai $60 miliar. Hal ini terjadi di tengah penundaan pengiriman yang dijanjikan ke Eropa.

Presiden AS Joe Biden bahkan kembali menyerukan kepada anggota parlemen dari Partai Republik untuk membuka blokir pendanaan tambahan, dan memperingatkan bahwa "sejarah sedang menunggu" dan "kegagalan untuk mendukung Ukraina pada saat kritis ini tidak akan dilupakan".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perang Adalah Hidup Kami

Rusia melakukan serangan keras di wilayah timur, dengan Kota Maryinka yang hancur di dekat Donetsk menjadi titik panas terbaru setelah mereka merebut kota Avdiivka yang dijaga ketat pada 17 Februari 2024.

Perekonomian Ukraina juga terpukul oleh blokade perbatasan oleh para petani Polandia yang menurut Kyiv mengancam ekspor dan menghambat pengiriman senjata.

Di Kyiv, suasananya suram namun tetap menantang karena masyarakat mengatakan mereka sudah terbiasa dengan kondisi masa perang.

"Bagi perempuan Ukraina, ini adalah kesedihan kami – untuk suami kami, untuk anak-anak kami, untuk ayah kami," kata ahli gizi Olga Byrko di Kyiv.

"Saya sangat ingin ini berakhir secepat mungkin."

Yuriy Pasichnyk, seorang pengusaha berusia 38 tahun, mengatakan kepada AFP bahwa warga Ukraina "telah belajar untuk menghadapinya… sekarang perang adalah hidup kami".

Sementara Dan Kostyantyn Gofman yang berusia 51 tahun menyerukan "lebih banyak senjata sehingga kita dapat mengusir roh jahat ini dari tanah kita dan mulai membangun kembali Ukraina".

Ukraina membutuhkan hampir setengah triliun dolar untuk membangun kembali kota-kota yang hancur akibat invasi Rusia, menurut perkiraan terbaru Bank Dunia, Uni Eropa, PBB dan pemerintah Ukraina.

Ukraina memperkirakan sekitar 50.000 warga sipil telah terbunuh.

 

3 dari 4 halaman

Ukraina Kehabisan Amunisi

Sejauh ini tak ada pihak yang menyebutkan jumlah korban tewas dan cedera pihak militer, sementara keduanya mengklaim telah menimbulkan kerugian besar.

Pada Agustus 2023, The New York Times mengutip para pejabat AS yang menyebutkan kerugian militer Ukraina sebanyak 70.000 orang tewas dan 100.000 hingga 120.000 orang terluka.

Informasi intelijen AS yang bocor pada Desember 2023 lalu menunjukkan bahwa 315.000 tentara Rusia telah terbunuh atau terluka.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengunjungi pasukan Moskow di wilayah pendudukan Ukraina, kata pihak militer pada hari Sabtu (24/2), dan mengatakan kepada mereka "dalam hal rasio kekuatan, keuntungan ada di pihak kita”.

Dia juga diberi pengarahan tentang pasukan Rusia yang "melanjutkan kemajuan mereka" setelah merebut Avdiivka.

Di front timur, semangat kerja rendah karena pasukan Ukraina yang kalah jumlah dan persenjataan mulai menyerah kepada pasukan Rusia.

"Kami kehabisan peluru dan pasukan Rusia terus berdatangan. Banyak rekan kami yang terluka – atau lebih buruk lagi. Segalanya menjadi semakin buruk,” kata seorang tentara di dekat Bakhmut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya.

Inggris pada hari Sabtu (24/2) mengumumkan paket pertahanan baru senilai £245 juta (US$311 juta) untuk membantu meningkatkan produksi "amunisi artileri yang sangat dibutuhkan" untuk Ukraina, dan Perdana Menteri Rishi Sunak menegaskan dalam pernyataan sebelumnya yang bertepatan dengan peringatan tersebut bahwa "tirani tidak akan pernah menang".

Sementara Moskow telah meningkatkan produksi senjatanya secara besar-besaran dan menerima drone dari Iran, sementara Kyiv mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi penggunaan rudal Korea Utara oleh Rusia.

Zelensky mengatakan pada bulan Desember bahwa militer ingin menambah 500.000 tentara. RUU yang memperluas mobilisasi telah menimbulkan ketakutan masyarakat luas.

 

4 dari 4 halaman

Konflik Ini Bikin Rusia Kian Terisolasi dari Negara Barat

Konflik ini telah membuat Rusia semakin terisolasi dari negara-negara Barat, sehingga Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya menjatuhkan banyak sanksi.

Joe Biden telah mengumumkan sanksi yang lebih besar lagi terhadap Rusia pada hari Jumat (23/2), dan berjanji akan terus memberikan tekanan untuk menghentikan “mesin perang” Putin, sembari juga berusaha untuk menjatuhkan hukuman atas kematian kritikus Putin yang paling vokal, Alexei Navalny, di penjara Siberia pekan lalu.

Presiden Perancis Emmanuel Macron, sementara itu, memperingatkan rekannya dari Rusia pada Sabtu pagi untuk tidak "mengandalkan kelelahan dari negara-negara Eropa" dalam perang tersebut, dan berjanji bahwa dukungan Prancis untuk Kyiv "tidak akan goyah".

Sementara Vladimir Putin menepis dampak buruk tersebut dan memuji pasukan Rusia sebagai "pahlawan nasional sejati". Dia telah menggunakan tahun-tahun perang untuk menggalang patriotisme dan melakukan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, dan hanya sedikit yang berani menyuarakan penolakan terhadap perang tersebut.

Di sisi lain, kematian pemimpin oposisi Navalny menyingkirkan musuh bebuyutan Putin, dan dia akan memperpanjang masa jabatannya dalam pemilu bulan Maret.

Di jalanan Moskow, sebagian besar orang mengatakan kepada AFP bahwa mereka mendukung tentara yang bertempur di Ukraina.

"Saya bangga dengan orang-orang kami," kata Nadezhda, 27 tahun, seorang insinyur lingkungan.

Tentu saja saya cemas dengan mereka, tapi saya senang melihat mereka melakukan hal yang baik, mereka berjuang untuk negara kita.

Salah satu dari sedikit yang memberikan pendapat alternatif adalah Konstantin, seorang guru drama yang bekerja sebagai pelayan. "Saya menentang perang apa pun. Dua tahun telah berlalu dan saya kesal karena orang-orang tidak dapat berbicara satu sama lain dan masih berperang."​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini