Sukses

PM Modi Ucapkan Selamat kepada Prabowo, Berharap Perkuat Kemitraan Strategis Komprehensif India-Indonesia

Tidak hanya spesifik kepada Prabowo, PM India Narendra Modi juga mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas suksesnya pemilu 2024.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri India Narendra Modi menambah panjang daftar kepala negara atau kepala pemerintahan yang mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto.

"Selamat kepada rakyat Indonesia atas suksesnya pemilu presiden dan @Prabowo yang memimpin. Kami berharap dapat bekerja sama dengan kepresidenan baru untuk lebih memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif antara India dan Indonesia," tulis Modi via X alias Twitter.

Pada Minggu (18/2/2024), Prabowo juga menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di kediamannya di Kertanegara, Jakarta.

"Terima kasih Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok H.E. Lu Kang @chinaembassy_indonesia atas ucapan selamat dan kunjungannya kepada saya di Rumah Kertanegara, Jakarta," demikian bunyi unggahan Instagram @prabowo.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

Prabowo juga telah menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey pada Jumat (16/2).

"Saya merasa terhormat menerima surat ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris H.E. Rishi Sunak @rishisunakmp yang diserahkan langsung oleh Duta Besar Inggris H.E. Dominic Jermey.

Terima kasih saya yang paling tulus dan sepenuh hati atas kata-kata baik Anda."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

Pasangan capres Prabowo-Gibran unggul dalam hitung cepat atau quick count Pilpres 2024 dengan rata-rata persentase melampaui 55 persen suara, disusul pasangan capres Anies-Muhaimin dan capres Ganjar-Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Banjir Ucapan Selamat

Sejumlah pemimpin negara sahabat juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Prabowo sebagai presiden terpilih Republik Indonesia.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilu presiden. Hubungan Indonesia-Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang baik dan saling menghormati serta berhasil berkembang di berbagai bidang," ungkap Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS.

Putin menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh kerja sama Rusia-Indonesia demi kepentingan warga kedua negara dan demi kepentingan memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

"Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu aktual dalam agenda bilateral dan internasional," tutup pemimpin Rusia tersebut, mendoakan presiden terpilih Indonesia sukses, sehat, dan sejahtera.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte via platform X alias Twitter pada 15 Februari menuturkan, "Saya baru saja mengucapkan selamat kepada @Prabowo Subianto menyusul proyeksi hasil pemilu di Indonesia kemarin. Saya berharap dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita."

Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala turut menyampaikan selamat kepada Prabowo via X.

"Selamat kepada H.E. @prabowo Subianto karena memenangkan Pilpres Indonesia 2024.

Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun yang lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," tulis Fiala.

Ucapan selamat kepada Prabowo juga mengalir dari PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Australia Anthony Albanese, PM Singapura Lee Hsien Loong, hingga Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

3 dari 3 halaman

Pernyataan China

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Kamis bahwa mereka siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia.

"China ingin melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk membangun relasi yang memiliki rasa saling percaya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China seperti dilansir Antara pada Kamis (16/2).

China menyebut Indonesia sebagai tetangga karib.

"Dan kami senang pemilu di Indonesia terselenggara dengan lancar. China sangat menjaga hubungan baik dengan Indonesia," ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan China-Indonesia telah mempertahankan momentum yang kuat dan membuka babak baru untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama.

"China akan terus memperdalam kerja sama strategis secara menyeluruh dan mendorong hubungan China-Indonesia yang sehat dan stabil dalam jangka panjang dengan tema utama membangun komunitas yang memiliki masa depan bersama, sehingga dapat menciptakan manfaat bagi kedua masyarakat," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.