Sukses

Pemungutan Suara di Mesir Mulai Hari Ini, Para WNI Antusias Datang ke TPS

Liputan6.com, Kairo - Proses pemungutan suara dalam rangka pemilu 2024 tengah berlangsung di Mesir pada Sabtu (10/2/2024).

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kairo mengawasi berlangsungnya proses pemungutan suara di 20 Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang terletak di KBRI Kairo. Sementara itu, terdapat pula kotak suara keliling untuk pemilih yang tinggal di Kota Mansoura, Tanta, Alexandria, Borg el Arab dan Sadat City, yang sudah berlangsung pada Jumat (9/2).

"Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pos juga bekerja mengirim dan menerima kembali Surat Suara pemilih dengan metode pos," demikian bunyi rilis dari PPLN Kairo yang diterima Liputan6.com, Sabtu (10/2).

Sementara itu, guna memeriahkan suasana pemilu di sana, PPLN Kairo turut menghias seluruh area yang digunakan dengan paduan warna merah dan putih. Selain itu, setiap TPSLN juga berlomba-lomba untuk menghias tempat masing-masing sehingga terlihat menarik dan nyaman untuk para pemilih.

Berdasarkan catatan PPLN Kairo, terdapai 11.209 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan pemilih di TPSLN sebanyak 11.021, sementara kotak suara sebanyak 122 pemilih dan pos sebanyak 66 pemilih.

"Dari keseluruhan DPT tersebut, 7.233 di antaranya adalah laki-laki dan 3.976 pemilih perempuan. Selain itu terdapat 2.769 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang merupakan pemilih pindahan dari luar DPT PPLN Kairo," lanjut pernyataan resmi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyambut Pemilu dengan Antusias

Para WNI pemilih di Mesir menyambut Pemilu 2024 secara antusias, bahkan sebagian besar sangat aktif untuk mengamati dan mengikuti proses-proses Pemilu 2024, dalam upaya menjamin penggunaan hak pilih masing-masing.

Sebelumnya, PPLN Kairo sejak awal tahun 2023 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi melalui kerja sama dengan berbagai organisasi dan perkumpulan Warga Negar Indonesia (WNI) di Mesir, baik di Kairo maupun di kota-kota lainnya, seperti Alexandria, Mansoura, Hurghada dan Sharm El Sheikh.

Proses pemungutan suara di TPSLN telah dimulai sejak pukul 08.00 waktu setempat dan ditutup pada pukul 18.00.

3 dari 3 halaman

Proses Penghitungan Suara

Setelah proses pemungutan suara selesai, tahapan penghitungan suara oleh PPLN Kairo akan dilaksanakan pada Rabu (14/2) untuk TPSLN dan kotak suara, diikuti rekapitulasi suara pada Kamis (15/1).

"Proses rekapitulasi akan menggunakan aplikasi Sirekap yang dikeluarkan oleh KPU RI untuk menjamin validitas dan akuntabilitas hasil pemilihan, serta hasil yang dapat dilihat dalam sistem secara real time," sambung rilis itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.