Sukses

Selain Pangeran Abdul Mateen, Ini 5 Bangsawan yang Menikah dengan Rakyat Biasa

Pernikahan bangsawan dengan rakyat biasa kerap disebut bak cerita dongeng modern oleh sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta - Perkawinan megah Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah yang digelar Kerajaan Brunei Darussalam tengah menjadi sorotan dunia. Pasalnya, rangkaian pesta pernikahan tersebut diselenggarakan selama 10 hari, diawali dengan acara lamaran pada 7 Januari 2024 dan baru akad nikah pada 11 Januari 2024.

Selain karena kemewahannya, pernikahan putra ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah ini menarik perhatian publik lantaran sang bangsawan memilih rakyat biasa untuk menjadi pasangan hidupnya. Meskipun Anisha Rosnah merupakan cucu dari penasehat sultan, Pehin Dato Isa, ia bukan merupakan keturunan bangsawan.

Terlepas dari pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah, Ratu Mary dari Denmark juga menjadi perhatian lantaran menjadi rakyat biasa pertama yang menjadi ratu Denmark usai suaminya, Raja Frederik, naik takhta menggantikan ibunya.

Ketika penerus takhta kerajaan menikah dengan rakyat biasa, kisah cinta mereka bahkan digambarkan bak cerita dongeng modern.

Dilansir The Independent, Senin (15/1/2024), berikut adalah sejumlah bangsawan lainnya yang menikah dengan rakyat biasa:

1. Putri Mako, Jepang

Putri Mako resmi kehilangan status kerajaannya usai resmi menikah dengan Kei Komuro yang merupakan kalangan biasa, pada Oktober 2021.

Pasangan ini bertemu pada tahun 2012 ketika mereka berdua belajar di Universitas Kristen Internasional di Tokyo. Setelah bertunangan pada tahun 2017, mereka seharusnya menikah pada tahun 2018 namun ditunda, yang kabarnya disebabkan oelh masalah keuangan yang dihadapi ibu Komuro.

Ketika menikah, mereka tidak melakukan tradisi pernikahan kerajaan yang biasa dilakukan keluarga kekaisaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pangeran Carl Philip, Swedia

Sebelum menikah dengan Pangeran Carl Philip pada tahun 2015, Sofia Hellqvist adalah seorang model glamor dan kontestan reality show televisi.

Pewaris takhta keempat Swedia itu awalnya bertemu dengan Sofia di sebuah klub malam pada tahun 2009 dan sekarang memiliki tiga putra, Julian, Alexander dan Gabriel.

3 dari 5 halaman

3. Pangeran William, Inggris

Putra pertama Raja Charles pertama kali bertemu dengan istrinya, Kate Middleton saat mereka berkuliah di Universitas St Andrews di Skotlandia.

Mereka menikah pada tahun 2011 di Westminster Abbey di London dan sekarang memiliki tiga anak, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

4 dari 5 halaman

4. Pangeran Harry, Inggris

Pangeran Harry pertama kali bertemu dengan istrinya yang dulunya seorang aktris, Meghan Markle, dalam sebuah kencan buta pada tahun 2016. Pada akhir tahun 2017, pasangan ini bertunangan dan menikah pada 19 Mei 2018.

Mereka memiliki anak pertama mereka, Archie, pada tahun 2019 sebelum meninggalkan keluarga kerajaan untuk pindah ke California, Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020. Mereka menyambut anak kedua mereka, Lilibet, pada tahun 2021.

5 dari 5 halaman

5. Raja Abdullah II, Yordania

Raja Abdullah II dan Rania Al-Yassin (sekarang Permaisuri Yordania) bertemu pada tahun 1992 di sebuah pesta makan malam.

Pasangan ini menikah pada Juni 1993 dan mereka dikaruniai empat anak.

Abdullah menjadi Raja Yordania pada tahun 1999 setelah ayahnya meninggal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.