Sukses

14 Mitos Aneh Malam Tahun Baru, Dilarang Menyapu hingga Cuci Baju dan Menangis

Dalam menyambut pergantian tahun, banyak dari kita tanpa sadar percaya keyakinan mengenai hal-hal yang dapat membawa keberuntungan atau malapetaka. Mari kita kupas satu per satu 14 mitos aneh yang melingkupi momen penuh harapan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menyambut pergantian tahun, banyak dari kita tanpa sadar percaya atau bahkan mengikuti keyakinan takhayul tertentu tentang hal-hal yang dapat membawa keberuntungan atau malapetaka. Seolah-olah apa yang kita lakukan di malam Tahun Baru akan menjadi prediksi sepanjang tahun yang akan datang. 

Mari kita kupas satu per satu 14 mitos aneh yang melingkupi malam penuh harapan ini sebagaimana dilansir dari Tribune The Express, Minggu (31/12/2023):

1. Dilarang Menyapu pada Hari Tahun Baru

Beberapa orang meyakini bahwa membersihkan rumah pada Malam Tahun Baru dapat "menghapus" nasib baik sehingga mereka memilih untuk menghindari aktivitas ini. Sebuah mitos yang mungkin membuat beberapa orang berpikir dua kali sebelum mengambil sapu pada momen pergantian tahun baru.

2. Mengenakan Baju Baru untuk Keberuntungan Terus-Menerus

Percaya atau tidak, beberapa orang yakin bahwa mengenakan pakaian baru pada malam pergantian tahun akan membawa persediaan pakaian baru sepanjang tahun.

Bersiaplah untuk mengenakan busana baru Anda di malam meriah ini.

3. Jangan Biarkan Kantong Kosong

Kantong yang kosong dipercaya bagi sebagian orang akan menjadi petaka finansial pada tahun yang akan datang.

Kepercayaan ini membuat mereka bahwa jika mengenakan busana dengan kantong kosong pada malam tahun baru maka mungkin akan menjadi pertanda pendapatan yang sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali di tahun yang akan datang ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Makan Sosis Asap dan Kubis Rebus untuk Kesehatan

Hari pertama tahun baru juga dirayakan sebagian orang dengan ritual makan sosis asap dan kubis rebus guna menjamin kesehatan sepanjang tahun. Saatnya untuk menyajikan hidangan yang tak hanya lezat, tapi juga membawa kebaikan pada tahun baru!

5. Hindari Memasak Ayam untuk Keuangan yang Mantap

Sebuah kepercayaan yang mungkin aneh menyatakan bahwa memasak hidangan ayam pada hari Tahun Baru dapat mengundang kesulitan keuangan sepanjang sisa tahun tersebut. Bagi Anda yang percaya, ini waktunya untuk memilih menu yang lebih aman untuk melewati tahun dengan keuangan yang stabil.

6. Jangan Mencuci Pakaian 

Beberapa orang meyakini untuk tidak mencuci pakaian pada hari Tahun Baru karena dikaitkan dengan risiko kehilangan keberuntungan, tahun yang dipenuhi kerja keras, atau bahkan kematian anggota keluarga. 

7. Makan Sayuran untuk Keberuntungan dan Kekayaan

Makanan berdaun hijau seperti kubis, sawi, mint, kangkung, bayam, atau daun ketumbar diyakini dapat mendatangkan kekayaan sepanjang tahun. Bahkan ada yang mengatakan bahwa makan roti jagung saja akan menarik uang secara instan.

3 dari 4 halaman

8. Hindari Kucing yang Menangis

Konon, mendengar kucing menangis pada malam Tahun Baru dapat membawa malapetaka. Sebuah kepercayaan yang mungkin membuat kita berpikir dua kali untuk mendekati kucing yang bersuara sedih ini.

9. Larangan Menangis di Hari Tahun Baru

Dilarang menangis pada hari tahun baru karena diyakini akan membawa depresi sepanjang tahun menurut penuturan orang bijak dan wanita. 

Jangan biarkan air mata menghiasi momen tahun baru Anda. Berbahagialah! Ini adalah awal yang baru.

10. Barang Berharga Tidak Boleh Keluar Rumah

Kepercayaan bahwa memberikan barang berharga seperti uang tunai, perhiasan, dan lainnya pada hari pertama tahun baru dapat mengarah pada keluarnya kekayaan sepanjang tahun dari diri Anda. Sebaiknya simpan uang tunai Anda sampai lusa.

11. Buat Keributan dan Gantungkan Lemon

Tradisi merayakan dengan kembang api dan bel berbunyi keras diyakini dapat mengusir roh dan pikiran jahat. Bahkan menggantungkan lemon di pintu dianggap sebagai langkah membantu untuk mengusir roh jahat.

4 dari 4 halaman

12. Pengunjung Pertama di Rumah Menentukan Nasib Pernikahan

Percaya atau tidak, pengunjung pertama yang masuk rumah pada 1 Januari dianggap sebagai penanda keseimbangan pernikahan dalam setahun ke depan. 

Jika laki-laki memasuki rumah Anda terlebih dahulu maka suami akan mempunyai wewenang lebih besar sepanjang tahun dalam pernikahan. Namun, jika perempuan duluan yang masuk, maka istri akan mempunyai kendali penuh atas pernikahan mereka.

13. Hindari Kerusakan dan Reruntuhan

Mitos lainnya memperingatkan agar Anda tidak merusak atau menghancurkan apapun pada hari Tahun Baru, karena dapat menjadi pertanda buruk untuk tahun yang akan datang. 

Hal ini berarti memecahkan cermin atau barang pecah belah akan menjadi pertanda buruk dan menunjukkan bahwa 'kerusakan' akan menjadi teman Anda sepanjang tahun.

14. Lakukan Pekerjaan Keras untuk Karier yang Sukses

Jika Anda menginginkan karier yang sukses, disarankan untuk bekerja keras pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari. 

Dengan 14 mitos aneh ini, malam Tahun Baru tidak hanya menjadi perayaan pergantian tahun, tetapi juga penuh dengan kepercayaan yang mungkin menghibur. Selamat menyambut Tahun Baru yang penuh harapan dengan perayaan meriah dan sajian makanan lezat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini