Sukses

10 Penemuan Menarik di Tata Surya Sepanjang 2023, Planet yang Menyusut Hingga Penemuan Bulan Baru

Berikut adalah 10 penemuan menarik tentang tata surya pada tahun 2023, mulai dari planet yang menyusut, penemuan Bulan baru, hingga gunung berapi es yang besar dan fenomena misterius lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, pengetahuan manusia tentang tata surya semakin bertambah, dan hal yang sama terjadi pada tahun 2023.

Tahun ini, para ilmuwan telah memberikan informasi baru tentang lingkungan kosmik melalui beberapa penemuan menarik. Mulai dari planet yang menyusut, penemuan Bulan baru, hingga gunung berapi es yang besar dan fenomena misterius lainnya.

Berikut adalah 10 penemuan menarik tentang tata surya pada tahun 2023, merangkum dari Live Science, Minggu (31/12/2023):

1. Merkurius yang Semakin Menyusut

Planet Merkurius Akan Transit di Matahari

Penelitian pada bulan Oktober mengungkapkan bahwa Merkurius, planet terkecil di tata surya dan yang paling dekat dengan matahari, kemungkinan akan terus menyusut.

Ahli telah lama menyadari bahwa Merkurius mengalami penyusutan sejak pembentukannya. Retakan besar, disebut sebagai scarps, terbentuk di permukaannya ketika planet tersebut menyusut dalam proses pendinginan yang berlangsung dalam rentang waktu yang panjang.

Awalnya, para ilmuwan percaya bahwa scarps ini telah ada selama miliaran tahun. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa di antaranya baru terbentuk dalam 300 juta tahun terakhir, menandakan bahwa penyusutan Merkurius terus berlangsung sepanjang sejarahnya, dan mungkin masih terjadi saat ini.

Selain itu, ilmuwan menemukan gletser asin di beberapa kawah Merkurius yang mungkin menciptakan kondisi yang mendukung perkembangan beberapa bentuk kehidupan ekstrem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

2. Oksigen Ditemukan di Venus

Pada bulan November, para peneliti mengonfirmasi keberadaan oksigen di atmosfer Venus untuk kedua kalinya, menegaskan adanya unsur ini di planet yang dikenal sebagai "planet neraka".

Observatorium Stratosfer untuk Astronomi Inframerah NASA menemukan lapisan tipis oksigen molekuler, yaitu oksigen yang tidak terikat dalam bentuk atom, menggunakan teleskop yang dipasang pada pesawat besar, yang mampu terbang di atas banyaknya gangguan atmosfer bumi antara tahun 2014 dan 2022.

Meskipun ditemukan oksigen, hal ini tidak menunjukkan adanya kehidupan di Venus. Para peneliti menduga gas tersebut dihasilkan saat radiasi matahari memecah molekul karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer Venus.

Oksigen ini juga tidak berguna untuk kebutuhan manusia karena tidak dapat digunakan untuk bernapas dan ditemukan dalam jumlah yang rendah.

Selain itu, pada tahun ini, para ilmuwan menemukan bahwa Venus memiliki ribuan gunung berapi lebih banyak dari yang sebelumnya diketahui, dan sebagian besar masih aktif.

3 dari 10 halaman

3. Bulan Ternyata Lebih Tua dari yang Diduga

Pada bulan Oktober, sebuah penelitian mengungkap bahwa bulan mungkin jauh lebih tua, setidaknya sekitar 40 juta tahun lebih tua daripada perkiraan sebelumnya.

Para peneliti melakukan analisis pada kristal zirkon, kristal tumbukan kecil yang terdapat dalam sampel batuan bulan yang dibawa kembali oleh misi NASA Apollo 17.

Hasil analisis baru menunjukkan bahwa kristal-kristal ini, yang terbentuk akibat tabrakan besar antara Bumi dan planet seukuran Mars yang membentuk bulan, memiliki usia yang lebih tua daripada kristal serupa pada sampel bulan lainnya.

Para peneliti menyatakan bahwa kristal-kristal ini merupakan material padat tertua yang terbentuk setelah tumbukan besar tersebut dan berfungsi sebagai penanda waktu dalam sejarah bulan.

Selain itu, pada tahun ini, para astronom juga mendeteksi adanya formasi misterius yang mengeluarkan panas di sisi terjauh bulan dan melihat pecahan-pecahan terpisah dari bulan yang mengorbit Bumi.

4 dari 10 halaman

4. Mars Berputar Semakin Cepat

Salah satu berita besar dari Mars tahun ini adalah bahwa rotasi Planet Merah ini semakin cepat setiap tahun, namun alasannya masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.

Berdasarkan data misi InSight NASA menunjukkan bahwa kecepatan rotasi Mars meningkat sebesar 4 miliar detik per tahun, mengakibatkan hari-harinya sedikit lebih pendek. Satu milidetik busur adalah seperseribu detik busur, yang merupakan satuan sudut.

Terdapat dua teori utama yang mencoba menjelaskan percepatan ini. Pertama, kemungkinan adanya akumulasi es di kutub-kutub yang menyebabkan sedikit perubahan dalam distribusi massa planet, dan kedua, fenomena yang dikenal sebagai postglacial rebound, di mana daratan meningkat setelah ribuan tahun tertimbun oleh es.

Selain itu, pada tahun ini, para ilmuwan berhasil memecahkan misteri mengenai "gempa mars" terbesar yang pernah tercatat di planet ini, juga menghitung jumlah minimum orang yang dibutuhkan untuk memulai koloni di Mars.

5 dari 10 halaman

5. Jupiter Memiliki Selusin Bulan Baru

Tahun ini, ilmuwan memverifikasi adanya 12 bulan baru di sekitar Jupiter, sehingga jumlah satelit di planet tersebut bertambah menjadi 92, menciptakan rekor baru di tata surya.

Bulan-bulan Jovian yang baru ini kecil, dengan lebar berkisar antara 0,6 hingga 2 mil (1 hingga 3,2 kilometer), dan sebagian besar memiliki orbit yang luas – sembilan dari 12 bulan membutuhkan lebih dari 550 hari untuk mengelilingi Jupiter.

Penemuan bulan-bulan ini terjadi pada tahun 2021 dan 2022, namun konfirmasinya baru dilakukan tahun ini oleh Pusat Planet Kecil Persatuan Astronomi Internasional.

Selain itu, pesawat luar angkasa Juno milik NASA juga menemukan senyawa organik di permukaan Ganymede, bulan terbesar Jupiter, pada tahun ini. Molekul-molekul ini kemungkinan berasal dari lautan di bawah permukaan bulan, menandakan adanya potensi untuk mendukung kehidupan.

6 dari 10 halaman

6. Saturnus Memiliki Lebih Banyak Bulan

Tahun ini, ilmuwan secara resmi menetapkan adanya 62 bulan tambahan di dalam daftar satelit planet berlingkar tersebut, sehingga totalnya mencapai 145 dan memecahkan rekor yang mungkin sulit untuk dilampaui oleh Jupiter.

Beberapa dari bulan-bulan baru ini memiliki diameter hanya sekitar 1,6 mil (sekitar 2,5 kilometer). Namun, semua satelit yang baru ini dikategorikan sebagai "bulatan tak beraturan", artinya mereka mengikuti orbit elips yang jauh mengelilingi planet utama mereka dan sering kali bergerak mundur, berlawanan dengan rotasi Saturnus.

Beberapa satelit bahkan tampaknya terkelompok, menunjukkan bahwa mereka dulunya mungkin merupakan satu objek yang kemudian terpecah.

Tahun ini, para ilmuwan juga melihat pentingnya senyawa organik yang terpancar dari Enceladus, bulan es Saturnus, sementara penelitian menunjukkan bahwa penemu bulan terbesar Saturnus, Titan, mungkin mengalami gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kekurangan penglihatan jauh.

7 dari 10 halaman

7. Pusaran Kutub Terlihat di Uranus

Gambar terbaru dari Uranus mengungkap "pusaran kutub" besar yang berputar di sekitar kutub utara planet es raksasa ini, mengindikasikan bahwa atmosfernya tidaklah seperti yang sebelumnya diperkirakan.

Polar Vortex adalah perputaran udara panas atau dingin yang mengelilingi wilayah kutub pada sebuah planet. Fenomena ini telah teramati di Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Neptunus.

Pada tahun 1986, wahana Voyager 2 NASA mendeteksi adanya pusaran kutub di sekitar kutub selatan Uranus saat wahana tersebut melintasi tata surya.

Cincin putaran tersebut diyakini disebabkan oleh aliran jet atmosfer di lapisan atasnya, meskipun cara kerjanya bervariasi antar planet.

Pada awal tahun ini, ilmuwan juga untuk pertama kalinya mengamati adanya pusaran kutub di Matahari.

8 dari 10 halaman

8. Neptunus Terus Mengembangkan Titik-titik Misterius

Tahun ini, para astronom berhasil menangkap gambar paling jelas dari salah satu titik gelap misterius di Neptunus dari Bumi. Sementara itu, mereka juga berhasil memotret titik terang yang sebelumnya tak pernah terlihat.

Sejak tahun 1989, bintik-bintik gelap pada planet terjauh tata surya ini telah terekam, terlihat ketika Voyager 2 melewati planet tersebut. Para ilmuwan menduga bintik-bintik ini mungkin merupakan badai raksasa, mirip dengan "Bintik Merah Besar" di Jupiter, namun mereka belum yakin mengapa bintik-bintik tersebut tampak sangat gelap.

Titik terang yang baru diamati ini sebelumnya belum pernah terdeteksi dan hanya terlihat selama beberapa minggu, menambah misteri mengenai asal-usulnya. Meskipun demikian, para peneliti percaya bahwa lokasi-lokasi ini mungkin saling terhubung.

Tahun ini, para astronom juga mencatat bahwa seluruh awan di Neptunus tiba-tiba menghilang. Kemungkinan, fenomena ini terkait dengan tingkat aktivitas Matahari yang meningkat saat mencapai puncak ledakan dalam siklus matahari, yang disebut sebagai solar maksimum dan berlangsung sekitar 11 tahun.

9 dari 10 halaman

9. Pluto Memiliki Gunung Berapi Super yang Sedingin Es

Sebuah penelitian pada bulan Oktober mengungkap adanya cryovolcano (kriovolkano) atau gunung berapi raksasa -- yang meletuskan zat-zat yang mudah menguap seperti air, amonia, atau metana ke dalam lingkungan yang sangat dingin yang berada pada atau di bawahnya -- di planet Pluto.

Cryovolcanoes, yang dikenal sebagai gunung berapi es, melepaskan cryomagma—campuran es, air, dan gas—bukan lava batuan cair seperti pada gunung berapi biasa. Mereka telah ditemukan di beberapa lokasi di tata surya, termasuk di planet kerdil Ceres dan pada inti komet yang bisa meledak, seperti "komet setan".

Gunung berapi yang baru ditemukan di Pluto, diberi nama Kiladze Caldera, awalnya dianggap sebagai kawah berdasarkan gambar dari misi New Horizons NASA. Namun, setelah peninjauan ulang data, para ilmuwan menemukan tanda-tanda cryomagma di sekitar depresi tersebut, menunjukkan bahwa letusan cryomagma telah terjadi beberapa kali.

Kondisi aktivitasnya saat ini masih tidak diketahui oleh para ilmuwan. Namun, jika masih aktif, potensinya untuk melepaskan cryomagma cukup besar sehingga dapat menutupi wilayah Los Angeles.

10 dari 10 halaman

10. Planet Kesembilan Mungkin Tidak Ada

Planet Sembilan merupakan planet yang disinyalir ada di wilayah terjauh tata surya.

Spekulasi tentang Planet Sembilan muncul ketika astronom menemukan kelainan gravitasi di Kuiper Belt, daerah yang berisi komet dan asteroid di luar orbit Neptunus. Kelainan ini mengindikasikan adanya sebuah planet yang tak terlihat, setara dengan sepuluh kali ukuran Bumi, yang tersembunyi di belakang Sabuk Kuiper.

Namun, dalam sebuah makalah ilmiah yang dipublikasikan pada bulan September, para ilmuwan mengajukan argumen bahwa kelainan gravitasi ini bisa dijelaskan melalui teori gravitasi alternatif yang dikenal sebagai dinamika Newtonian yang dimodifikasi (MOND).

Teori MOND menyatakan bahwa objek di pinggiran galaksi, seperti tata surya kita, mengalami tarikan gravitasi yang lebih kuat dari yang dijelaskan oleh hukum gravitasi tradisional.

Dengan demikian, benda-benda di Kuiper Belt mungkin terpengaruh oleh gaya tarik dari galaksi kita dan bukan oleh adanya planet yang sulit terdeteksi. Namun, MOND belum sepenuhnya diterima secara luas, sehingga hingga saat ini, keberadaan Planet Sembilan tetap menjadi sebuah tebakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini